BPBD Kab. Agam

Banjir Hantam Agam, Jembatan-Jalan Runtuh di Palembayan

Palembayan, kaba12.com — Dampak hujan lebat yang terjadi sepanjang Minggu hingga Senin dini hari, (15-16/4) di mayoritas wilayah kabupaten Agam kembali memic bencana.

Tercatat beberapa kecamatan terdampak bencana hingga Senin pagi ini, terutama kecamatan Palembayan, Tanjung Mutiara dan beberapa kecamatan lain.

Bencana akibat hujan lebat yang memicu banjir menghantam kecamatan Palembayan di jorong Tompek, Nagari Salareh Aia, Palembayan menyebabkan jembatan runtuh dan jalan penghubung antar jorong runtuh.

Hal itu menyebabkan putusnya akses jalan menuju mesjid, SD, TK dan mushala, bahkan aktivitas ekonomi masyarakat tersendat akibat putusnya ruas jalan tersebut.
Kepala BPBD Agam M. Lutfie didampingi Kabid. KL Wahyu Bestari menyebutkan, hujan lebat dengan intensitas tinggi memicu banjir dan longsor bahkan menyebabkan sarana umum ikut ambruk.

Jembatan yang putus dan ruas jalan yang ambruk di jorong Tompek, Silareh Aia itu juga pernah runtuh diterjang air bah saat bencana tahun 2017 lalu.

” Kami sudah lakukan langkah-langkah penanganan di lapangan terutama untuk menyambung akses transportasi masyarakat, kita upayakan atasi segera, ” sebut M. Lutfie.

Kepala BPBD Agam itu menghimbau masyarakat untuk mewaspadai berbagai dampak yang bisa ditimbulkan akibat cuaca buruk yang terjadi beberapa waktu belakangan, apalagi curah hujan tinggi disertai angin kencang yang terjadi beberapa waktu belakangan mengingat mayoritas wilayah kabupaten Agam yang rawan bencana.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top