Kaba Pemko Bukittinggi

Segera Dibenahi, Ngarai Menuju Wisata Dunia

Bukittinggi, KABA12.com — Walikota, Wakil Walikota didampingi sejumlah kepala OPD bersama tim Geopark dan perwakilan BCA, meninjau lokasi Ngarai, Selasa (10/04). Peninjauan itu terkait akan dijadikannya kawasan Ngari Sianok, menjadi objek wisata dunia.

Dalam kunjungan itu, rombongan mengitari sejumlah kawasan hingga menuju Ngarai Sampik. Dimana hal itu menjadi salah satu langkah menjadikan daerah Ngarai menjadi perkampungan Minang, sebagai penunjang kawasan Geopark.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menjelaskan, pemerintah kota terus berupaya untuk mengembangkan pariwisata. Salah satunya kawasan Ngarai yang kaya akan pemadangan alamnya dan menjadi andalan Bukittinggi.

“Kawasan ini yang akan kita kembangkan. Salah satunya dengan membangun perkampungan Minang, yang dibantu oleh dana CSR dari BCA. Kita juga upayakan nantinya di atas tanah milik pemda di kawasan Ngarai, akan dibangun rumah gadang yang asri, seperti zaman dahulu kala. Rumah gadang dibangun menghadap ke sawah dan tanpa pagar,” jelasnya.

Selanjutnya, tambah Wako, pihak UNESCO meminta upaya pembenahan kawasan Ngarai menjadi kawasan Geopark selesai tahun 2020. Pemko pun mengaku siap untuk memenui itu, menyusun master plan yang jelas dan akan mengupayakan bagaimana menciptakan wisata yang baru dan terpadu.

“Kalau kita sudah masuk kawasan Geopark, ini semua harus dijaga dengan seksama. Seluruhnya harus benar-benar asri. Tidak ada Ngarai yang diruntuhkan, janjangnya benar-benar asli dan semuanya harus mendukung program Geopark yang dapat menjadikan Ngarai sebagai kawasan objek wisata dunia,” ungkap Ramlan.

Selain itu, pemko juga akan mendorong perekonomian masyarakat di daerah Ngarai. Warga bisa berusaha menjual beberapa kerajinan, bordiran dan usaha lainnya. “Sehingga nantinya ekonomi warga juga dapat meningkat dengan terwujudnya Ngarai wisata dunia,” pungkasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top