Kaba Pemko Bukittinggi

33 Proyek Pokok Akan Dilaksanakan Dalam Manunggal Sakato ke XVII

Bukittinggi, KABA12.com — Kota Bukittinggi akan segera melaksanakan Manunggal Sakato XVI Kota Bukittinggi tahun 2018. Sejumlah persiapan telah dilaksanakan, termasuk rapat koordinasi yang diikuti panitia, Camat, Lurah, LPM dan instansi terkait di Hall Balaikota Bukittinggi, beberapa waktu lalu.

Kadis Perkim, Novrianto CH menjelaskan, pembukaan Manunggal direncanakan tanggal 4 April bertempat di Kelurahan Kubu Tanjuang Kecamatan ABTB. Bulan bakti gotong royong masyarakat ini seharusnya dilaksanakan pada bulan Mei. Namun karena bertepatan dengan bulan Ramadhan maka dipercepat.

Baca Juga:  DPRD Beri Sejumlah Saran Terkait R-APBD 2019 dan 4 Ranperda Lainnya

“Dalam Manunggal Sakato ke XVII besok, akan ada 33 item proyek pokok dan 7 proyek tambahan. Baik itu proyek fisik fasilitas umum, pembangunan gedung dan lain-lain. Dalam pelaksanaannya akan dilaksanakan juga kegiatan gotong royong dari ASN di bagi perlokasi manunggal. Selanjutnya dilaksanakan rapat evaluasi selama kegiatan dua kali seminggu untuk melihat progres pelaksanaan satu bulan kegiatan manunggal,” jelasnya.

Novrianto juga mengatakan dana stimulan untuk kelurahan sebanyak Rp 50 juta juga tekah disiapkan. Diharapkan partisipasi masyarakat dan seluruh pihak untuk lancarnya kegiatan rutin tahunan ini.

Baca Juga:  Petani Padang Keluhkan Pupuk Subsidi, Indra Catri Janji Jamin Ketersediaan

Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi menyampaikan, permasalahan yang selalu ada selama ini adalah bagaimana mendorong partisipasi masyarakat. Lurah dapat berkoordinasi dengan LPM dan tokoh2 masyarakat untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat. Diharapkan juga keikutsertaan masyarakat memeriahkan acara dengan marawa dan Umbul-umbul. Termasuk juga keaktifan PKK.

“Banyak hal yang ingin kita capai. Tidak saja pembangunan fisik. Tapi juga membangun kekerabatan, hubungan silaturahmi antar warga. Berbagai usulan sudah disampaikan kepada warga. Sebagian kecil yang berupa pembukaan jalan. Permasalahan lahan sudah selesai. Jangan sampai setelah manunggal selesai persoalan jalan berbuntut panjang,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tuan Rumah MTQ ke-39 Agam Seleksi MC

Irwandi berharap, hasil partisipasi masyarakat lebih tinggi dari tahun lalu. Karena akan berpengaruh pada penilaian dari Manunggal Sakato yang kita laksanakan. Karena tujuan utama Manunggal adalah membangkitkan kembali rasa kebersamaan, rasa memiliki serta memelihara hasil pembangunan yang telah dicapai.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top