Kaba Terkini

Musrenbang RKPD 2019, Agam Prioritaskan 10 Program

Lubukbasung, KABA12.com — Selasa (27/03), Pemkab. Agam menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) Rencanan Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat kabupaten di aula kantor Bappeda Agam di Lubukbasung.

Ratusan peserta musrenbang dari berbagai unsur hadir dalam kegiatan itu, diantaranya, Anggota DPRD Sumbar Dapil 3, Forkopimda Plus Agam, DPRD dan OPD Kabupaten Agam, unsur Bappeda Provinsi Sumbar beserta perwakilan dari daerah tetangga seperti Padang Pariaman, Pasaman, Tanah Datar, 50 Kota dan Bukittinggi. Serta juga turut dihadiri pimpinan BUMN dan BUMD di wilayah Kabupaten Agam, Lembaga Swadaya Masyarakat serta delegasi musrenbang dari kecamatan dan perangkat nagari.

Kepala Bappeda kabupaten Agam Welfizar menyebutkan musrenbang tingkat kabupaten ini bertujuan untuk menyempurnakan RKPD tahun 2019 yang telah dibahas sebelumnya dalam konsultasi publik dan forum OPD. Musyawarah ini dilaksanakan selama dua hari mulai 27 hingga 28 Maret 2018.

Baca Juga:  Terminal Kumuh, Pelepasan Angkutan Lebaran Ditunda Jumat

“Usai kegiatan pembukaan ini nantinya, musyawarah dilanjutkan dengan penyampaian dari narasumber, kemudian dilanjutkan dengan sidang kelompok bidang sosial, pemerintahan, lingkungan hidup, pariwisata dan infrastruktur. Serta bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, musrenbang tahun ini mengusung tema memperkuat implementasi gerakan nagari madani dan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah yang dijabarkan dalam 10 program prioritas RKPD tahun 2019.
Dimana 10 program tersebut meningkatkan penerapan nagari madani, tata kelola pemerintahan dan kualitas pelayanan masyarakat, peningkatan kualitas layanan kesehatan dan pendidikan, pengendalian laju pertumbuhan penduduk dan pemberdayaan perempuan, meningkatkan kinerja ekonomi dan ketahanan pangan daerah.

Baca Juga:  Kucing Langka Ditemukan Mati

Kemudian, mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran, mengurangi ketimpangan pembangunan dan ketimpangan pendapatan, meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan mengurangi resiko bencana, meningkatkan jumlah kunjungan, lama tinggal dan pengeluaran wisatawan di kabupaten Agam, serta meningkatkan pembangunan infrastruktur.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri dalam sambutannya mengatakan, penyusunan RKPD tahun 2019 menjadi momentum yang sangat penting dan menjadi titik awal perencanaan pembangunan jangka menengah daerah tahun 2006-2025.

“Prioritas pembangunan tersebut ditetapkan berdasarkan isu strategis saat ini dan memperhatikan keselarasan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan provinsi dan nasional tahun 2019. Selain itu, prioritas pembangunan tersebut merupakan rencana aksi strategis pencapaian sasaran pokok RPJPD tahun 2006-2025,” jelas Bupati.

Baca Juga:  Serial Dokumenter HBO Raih Penghargaan di Festival Film China

Indra Catri menyebutkan, musrenbang tingkat kabupaten merupakan tahapan terakhir dalam pembahasan rancangan pembangunan di daerah. Untuk itu diperlukan kecermatan, integritas dan agresif dalam pemutakhiran rencana pembangunan ini mengingat musrenbang melalui sistem e-planning.

“Ada yang berbeda dalam pelaksanaan musrenbang tahun ini, yaitu melalui E-planing. Masukan-masukan untuk program pembangunan tidak bisa lagi dirubah jika sudah masuk dalam sistem tersebut syarat dan rukunnya harus lengkap sebab sistem tersebut bebas dari intervensi,” sebutnya.

Ia berharap hasil musrenbang ini betul-betul dapat sesuai dengan target pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat, serta terciptanya komunikasi yang berkelanjutan dan berkualitas antara pemerintahan daerah, DPRD dan masyarakat.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top