Agam

Jelang HKBN, BPBD Agam Gelar Simulasi Penanganan Gempa

Lubuk Basung, KABA12.com — Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 26 April mendatang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam menggelar simulasi bencana gempabumi pra HKBN bagi ASN Pemkab. Agam, Kamis (15/03). Simulasi bertemakan ‘Kesiapsiagaan Mulai dari Saya dan Anda. Awak Siap, Awak Salamaik’.

“Peringatan HKBN ini kita awali dengan simulasi gempabumi bagi ASN Pemkab. Agam. Dimana saat ini kita menggelar simulasi di 4 OPD, yakni, Disdikbud Agam, Dinas PU dan Tata Ruang, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Holtikultura dan Peternakan Agam, serta Dinas Kelautan dan Perikanan Agam,” kata Kalaksa BPBD Agam diwakili Sekretaris BPBD Agam Nelfendri didampingi Kasi Pencegahan Martiyas kepada kaba12.com.

Sekretaris BPBD Agam, Nelfendri menjelaskan, tujuan dari simulasi ini adalah, bagaimana ASN Pemkab. Agam memahami, mengetahui dan mampu melakukan penyelamatan dini pada saat terjadinya bencana gempabumi. Selain itu, BPBD Agam juga melihat bagaimana jalur evakuasi dan titik kumpul yang ada di setiap kantor OPD tersebut.

“Saat simulasi berlangsung, sudah banyak ASN kita yang sudah memahami dan mengetahui tindakan apa yang akan dilakukan saat terjadi gempabumi, namun masih terdapat juga ASN yang masih belum memahi dan mengetahui hal tersebut. Oleh karena itu, kita akan mengevaluasi hasil dari simulasi yang kita laksanakan ini untuk mencari langkah-langkah apa saja yang akan kita lakukan kedepan,” ujarnya.

Ditambahkan, Kasi Pencegahan BPBD Agam Martiyas, direncanakan simulasi bencana gempabumi ini akan dilakukan lagi untuk OPD lainnya, terutama untuk kantor yang bertingkat, karena potensi bahayanya cukup tinggi.

“Selain simulasi dilingkungan ASN Pemkab. Agam, kita juga akan memberikan sosialisasi di 100 sekolah SD dan SMP di Agam jelang hari puncak pelaksanaan HKBN 26 April mendatang,” ujarnya.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top