Kaba Terkini

DKPP Gelar Sidang Dugaan Pelanggaran Etik Anggota KPU-Bawaslu

Jakarta, kaba12.com — Terkait pelanggaran yang diadukan oleh tiga partai politik yang dilakukan anggota KPU RI dan Bawaslu RI, Dewan Kehormatan Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik tersebut.

“Sidang jam 9.00 WIB, Pengadu partai yang gagal ikut pemilu, Partai Idaman, Partai Republik, Partai Rakyat, dan yang digugat KPU RI dan Bawaslu RI,” ujar Anggota DKPP Alfitra Salamm seperti dikutip detikcom, Rabu (14/3).

Alfitra mengatakan ketiga partai politik ini mengajukan gugatan terkait sistem informasi partai politik (Sipol). KPU diduga melakukan pelanggaran karena penggunaan sipol tidak ada dalam UU Nomor 7 Tahun 2017, tentang Pemilu.

“Gugatan berkaitan dengan sipol, dalil penggugat sipol tidak ada dalam UU pemilu,” kata Alfitra.

Ketiga partai politik ini mengajukan gugatan dengan objek gugatan Surat Keputusan KPU Nomor 58/ PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 terkait peserta Pemilu 2019. Selain itu keputusan Bawaslu yang menolak gugatan ketiga partai sebagai peserta pemilu juga diajukan sebagai objek gugatan.

“Yang digugat adalah keputusan final KPU dan keputusan Bawaslu,” tutur Alfitra.

Sebelumnya, ketiga partai ini telah mengajukan gugatan ke Bawaslu terkait keputusan KPU tentang penetapan peserta pemili 2019. Dalam gugatan ketiga partai meminta ditetapkan sebagai peserta pemilu.

Namun gugatan ditolak, karena ketiga partai dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi dan tidak mengikuti tahap verifikasi.

(dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top