Kaba Terkini

Guguak Panjang Gelar Diskusi Adat Kembalikan Budaya Nagari

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah kecamatan Guguak Panjang bekerjasama dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) kecamatan, mengadakan diskusi adat, di Aula Kantor Camat Guguak Panjang, Selasa (13/03). Diskusi kali ini digelar dengan dasar ‘Mengembalikan Gadang Basa Batuah dalam Kehidupan Pemangku Adat’.

Camat Guguak Panjang, Drs.Rispayanto menilai, diskusi Adat ini dapat menambah pengetahuan tentang adat budaya di alam Minangkabau dan apa yang disebut “Nan Gadang Basa Batuah”. Respon pemangku adat dan masyarakat sangat positif. Para niniak mamak juga berharap masyarakat di kelurahan bisa dibekali tentang adat dan budaya.

“Kegiatan ini didukung oleh LKAAM Kecamatan Guguak Panjang dan dibawah program LKAAM. Kita harapkan diskusi ini bisa sampai di kelurahan. Diskusi ini sekaligus dapat merubah karakter generasi muda agar memahami adat istiadat dan budaya Minangkabau,” ujarnya.

Diskusi Adat ini dilakukan untuk menjemput kembali pemahaman, tentang bagaimana Pelaku Adat dapat memahami sifat yang mesti lahir dari gelar yang dipikulnya. Pelaku atau Pemangku Adat harus memahami adanya kewajiban tentang beranak kemenakan, bakorong, bakampuang dan sebagainya.

Ketua LKAAM Kecamatan Guguak Panjang, Dahyus Datuak Pado Basa, menjelaskan, pihaknya ingin menata kembali adat pusako yang sebenarnya. Dengan adanya pencitraan adat budaya, akan dapat merubah sifat dan karakter anak kemenakan di tengah kemajuan teknologi dan informasi.

LKAAM Guguak Panjang mengamati bahwa dibutuhkan prinsip “manjapuik nan tatingga, mangamehan nan taserak” dan tidak mengganggu ke “harato pusako”. Kondisi saat ini, anak kemenakan banyak yang terlupa. Karena itu, pencitraan adat budaya nagari perlu dikembalikan.

“Kita melihat saat ini, teknologi informasi berkembang sangat pesat. Hal itu ikut mempengaruhi anak kemenakan kita. Untuk itu, kita ingin peran Pemangku Adat dalam realita saat ini. Melalui Diskusi Adat ini, kita berupaya meningkatkan pemahaman Pemangku Adat tentang “Nan Gadang Basa Batuah” serta nilai-nilai adat itu sendiri,” ujar Dt.Pado Basa.

Panitia Diskusi Adat, Yasril Rahmadian Tuanku Majo Kayo menyampaikan, dalam kegiatan Diskusi Adat ini menghadirkan pembicara Budayawan Minangkabau Musra Dahrizal Katik Jo Mangkuto (Mak Katik). Ia berharap diskusi adat ini dapat mengembalikan nilai-nilai adat di tengah masyarakat Kecamatan Guguak Panjang.

Sementara itu, Mak Katik dalam paparannya menggambarkan tentang keunggulan dan ciri khas adat istiadat Minangkabau ini. Seperti halnya permainan tradisional Minangkabau yang mengandung filosofi tersendiri dan unsur pendidikan.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top