Kaba Terkini

DPKP Imbau Masyarakat Lestarikan Terumbu Karang

Lubukbasung, kaba12.com — Mensiasati perairan Tiku agar tidak mengalami pencemaran terhadap terumbu karang, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam menghimbau masyarakat disekitar perairan terutama para nelayan untuk tidak melakukan penangkapan ikan secara illegal.

“Seluruh alat tangkap ikan berupa jaring insang lingkar, obat bius, bom ikan, maupun alat tangkap ikan lainnya yang dapat mencemari serta merusak terumbu karang diharapkan tidak digunakan. Dan bagi warga yang menemukan adanya nelayan yang berbuat demikian silakan ditangkap agar diproses sesuai aturan yang berlaku,” ujar Ermanto, kepala DKP Agam.

Sebelumnya, pada 2016 lalu juga terjadi kasus serupa. Dua kapal milik nelayan Sibolga berhasil diamankan. Kedua kapal tersebut terbukti telah menangkap ikan dengan cara memberikan obat bius yang berakibat rusaknya terumbu karang di kawasan perairan itu.

” Berdasarkan data yang dihimpun, kerusakan terumbu karang disepanjang perairan Tiku sudah mencapai 27 hektar. Dan hal ini mengakibatkan tingkat produksi tangkap ikan nelayan menurun hingga 50 persen,” terangnya.

Ermanto berharap, seluruh masyarakat di sekitaran pantai maupun pengunjung yang datang untuk dapat menjaga dan melestarikan terumbu karang, untuk masa depan generasi penerus yang akan datang.

(virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top