Kaba DPRD Agam

Nyiak Canduang Pahlawan Nasional AJP : Perjuangan Bersama

Lubukbasung, kaba12.com — Ikhtiar masyarakat menjadikan Syekh Sulaiman Arrusuly Inyiak Canduang sebagai pahlawan nasional masih terus berlanjut. Rangkaian tahapan memperjuangkan salah satu tokoh agama terkemuka asal kabupaten Agam itu diakui pemerintah secara nasional sebagai salah satu tokoh pejuang di Indonesia, masih harus terus dilakukan.

Bahkan, dalam beberapa moment terakhir, Pemkab Agam, bersama Pemprov Sumbar sudah melakukan serangkaian langkah dengan menggelar seminar tentang sosok Nyiak Canduang dengan latar belakang perjuangan dan sosok tokoh agama terkemuka itu semasa hidupnya.

Baca Juga:  Komnas HAM Pusat Turun Tangan Kaji Masalah Pasar Atas

Menurut Arman J.Piliang, anggota DPRD Agam, sosok Nyiak Canduang sangat layak dan patut diperjuangkan bersama masyarakat Sumatera Barat untuk ditetapkan presiden sebagai pahlawan nasional.

Hal itu sebagai salah satu bukti dan kebanggaan masyarakat Sumbar, bahwa ranah Minang banyak melahirkan tokoh-tokoh pejuang dengan nama besar yang mengharumkan bangsa ini, bahkan berperan besar dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.

Baca Juga:  Walikota Minta Pedagang di Janjang Gudang Ditertibkan

Ketua harian DPD partai golkar Agam itu mengaku optimis, sosok Nyiak Canduang bisa ditetapkan pemerintah pusat sebagai pahlawan nasional, karena berbagai kelebihan dan keluarbiasaan Nyiak Canduang dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“ Untuk mewujudkan hal itu, perlu perjuangan bersama, seluruh unsur yang ada di Sumbar, dan kami optimis, dengan dukungan semua pihak, Nyiak Canduang bisa menyandang gelar pahlawan nasional, “sebut Arman J.Piliang lagi.

Baca Juga:  Reses, M. Nur Idris Terima Beragam Aspirasi Warga

Usulan agar Nyiak Canduang ditetapkan pemerintah pusat menetapkannya sebagai pahlawan nasional sudah diperjuangkan bersama oleh Pemkab Agam, Pemprov Sumbar bersama kalangan legislatef di daerah ini, bahkan usulan itu sudah dibahas dalam berbagai moment, termasuk seminar nasional yang digelar di berbagai tempat.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top