Kaba DPRD Bukittinggi

Rakernas III Adeksi 2018, Politik Edukasi Bukan Provokasi

Batam, KABA12.com — Sekitar 900 Pimpinan dan Anggota DPRD kota seluruh Indonesia, mengikuti Rapat Kerja Nasional Adeksi (Rakernas) III Adeksi Dewan kota seluruh Indonesia (ADEKSI) tahun 2018.

Kegiatan ini dibuka dan diselenggarakan di meeting room, Swiss-belhotel Harbour Bay, Batam, Selasa (06/12).

Ketua umum Adeksi, Ir. H. Armudji, MH, melalui Wasekjen, H. Trismon yang juga Wakil Ketua DPRD Bukittinggi mengungkapkan, Rakernas III Adeksi tahun 2018 diselenggarakan untuk menunaikan anggara dasar dan rumah tangga Adeksi, juga dalam rangka mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan di tahun 2017. Selain itu, dalam rakernas juga membahas program kerja yang akan dilakukan di tahun 2018 ini.

“Adeksi merupakan organisasi otonom dan independen terdiri dari 93 DPRD kota seluruh Indonesia. Adeksi didirikan pada tanggal 26 Juni 2001 dengan kegiatan utama organisasi, menyelenggarakan rapat dan pengembangan kapasitas anggota serta menyediakan layanan informasi dan publikasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Trismon, menyampaikan, rakernas tahun ini, mengangkat tema, DPRD di tahun politik 2018, politik edukasi, bukan provokasi. Tema ini patut dipahami seluruh anggota DPRD yang notabene merupakan politisi yang akan bertarung menarik kepercayaan dan simpati masyarakat untuk membangun daerah serta menjadi perwakil dari masyarakat itu sendiri.

“Menghadapi tahun politik, seluruh anggota partai politik menyiapkan strategi untuk menjadi pemenang. Tentunya, perilaku anggota dewan harus dijaga, karena 2018 sudah masuk tahun pemilu. Ini sangat menentukan bagaimana menyikapi tahun pemilu, jangan sampai ada upaya provokasi, black campaign, menyebar berita hoax dan upaya negatif lainnya. Berpolitik lah secara santun sehingga melahirkan politik yang mengedukasi,” ulas Trismon.

Rakernas yang menjadi ajang silaturrahmi seluruh anggota DPRD Kota dari Sabang sampai Merauke, juga mengagendakan rapat komisi. Nantinya rapat itu akan melahirkan berbagai rekomendasi untuk pemerintah terkait bidang hukum, pendidikan, ekonomi dan sejumlah bidang lainnya.

Sementara, Sekwan DPRD Bukittinggi, Hermasnyah, melalui Kasubag Humas dan Protokol, Ramon Arisa Putra mengungkapkan, untuk kota Bukittinggi sebanyak 24 anggota dewan mengikuti Rakernas III Adeksi 2018.

“Kegiatan Rakernas Adeksi ini telah digendakan dalam bamus DPRD Bukittinggi. Dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 5 hingga 8 Maret 2018 didampingi staff Sekretatriat Dewan. Ini merupakan agenda tahunan anggota Adeksi yang telah direncanakan,” ujarnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top