Kaba Pemko Bukittinggi

Tong Sampah Smart SMKN 1 Bukittinggi Diapresiasi Walikota

Bukittinggi, KABA12.com — Dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional, SMKN 1 Bukittinggi bekerjasama dengan pemerintah kota melalui Dinas Lingkungan Hidup, lakukan sosialisasi masalah sampah. Kegiatan yang juga langsung dilakukan dengan demo penggunaan tong sampah smarti ini dilaksanakan di halaman SMKN 1 Bukittinggi, Selasa (20/02).

Kepala SMKN 1 Bukittinggi, Yon Afrizal menjelaskan, SMKN 1 Bukittinggi berhasil meraih prestasi sebagai sekolah adiwiyata tahun 2017 tingkat nasional. Selain itu, inovasi menciptakan tong sampah smart yang berhasil dikerjakan selama dua minggu, juga mendapat juara 3 di tingkat Sumatera Barat.

“Kami SMKN 1 dibawah bimbingan dinas lingkungan hidup Bukittinggi berhasil meraih sekolah adiwiyata tingkat nasional tahun 2017. Kami akan upayakan di tahun 2019, SMKN 1 Bukittinggi bisa menjadi sekolah adiwiyata mandiri. Selain itu, kreasi pelajar membuat tong sampah smart yang bisa buka tutup secara otomatis ketika ada yang akan membuang sampah dengan sistem sensor, menjadi inovasi pelajar di bidang elektronik untuk lingkungan,” jelasnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengapresiasi inovasi baru yang merupakan hasil karya anak SMKN 1 di bidang elektro robotic untuk lingkungan hidup. Karya tong sampah smart ini membuktikan bahwa SMK Bisa, pelajarnya pun dapat menghasilkan sesuatu untuk daerah.

“SMKN 1 telah menghasilkan SDM berkualitas. Ini tentu jadi bagian yang patut diteladani. Hasil tong sampah elektronik ini menjadi inovasi, bukti pelajar SMKN 1 merupakan pemenang. Prestasi SMKN 1 Bukittinggi meraih adiwiyata tentunya tak lepas dari peran seluruh pihak di sekolah. Ini yang patut diapresiasi. Dan kedepan sekolah lain akan dorong untuk lakukan hal yang sama. Semua pasti bisa,” jelasnya.

Lebih lanjut, Walikota menyampaikan, mulai tahun 2016, 2017 Bukittinggi sudah raih adipura dan beberapa sekolah sudah raih adiwiyata. Ini membuktikan bahwa Bukittinggi sudah mulai berhasil menjaga lingkungan.

“Ini tak lepas dari kerjasama seluruh pihak, termasuk pelajar. Prestasi ini harus dipertahankan. Bukan hanya untuk mengejar prestasi itu, namun intinya bagaimana seluruh warga Bukittinggi dapat menjaga lingkungan bersih agar tercipta masyarakat yang sehat. Pelajar harus berani tegur orang yang buang sampah sembarangan. Setiap sekolah harus punya duta lingkungan. Jangan takut dengan sampah, karena sampah bisa jadi sumber ekonomi,” ungkap Walikota.

Dalam kesempatan itu, Walikota juga himbau pelajar untuk tidak dekati narkoba. Kegiatan yang berdampak positif terhadap lingkungan hidup ini, dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Komite SMKN 1 Bukittinggi, Disdikbud dan ratusan guru serta pelajar SMKN 1 Bukittinggi.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top