Kaba Agam

Perusahaan Perkebunan Dinilai Tim Khusus

Lubukbasung, KABA12.com — Rabu (14/02), Bidang Perkebunan kabupaten Agam dan provinsi Sumatera Barat, nilai dua perusahaan besar perkebunan yang beroperasi di kabupaten Agam masing-masing , PT. Agro Masang Perkasa (AMP)  Plantation dan PT. KAMU.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Agam Gusma Zendra mengatakan, penilaian tersebut bertujun untuk melihat kelayakan perusahaan dari delapan aspek, legalitas, manajemen, kebun, pengolahan hasil, sosial, ekonomi wilayah, lingkungan dan pelaporan.

“Dari aspek tersebut dapat diketahui bagaimana kinerja perusahaan, kepatuhan perusahan terhadap peraturan yang berlaku. Serta dari penilaian itu kita juga mendorong usaha memenuhi bahan baku teknis, memaksimalkan usaha memenuhi kewajiban sesuai dengan ketentuan dengan penyusunan program dan kebijakan pembinaan usaha perkebunan,” jelasnya.

Dikatakan Gusma Zendra, dari hasil penilaian ini nantinya perusahaan tersebut akan bisa mendapatkan sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

“Pemerintah Indonesia mewajibkan seluruh pemilik perkebunan untuk bersertifikat. Dengan adanya sertifikat ISPO ini memastikan bahwa pihak pengusaha kelapa sawit/ perusahaan tersebut memenuhi standar pertanian yang diizinkan,” jelasnya lagi.

Kabid Perkebunan Distan Agam itu menambahkan, penilaian tersebut dilakukan rutin sekali tiga tahun. Usai menilai PT. AMP dan PT. KAMU, penilaian selanjutnya akan dilakukan pada PT. Mutiara Agam dan PT. PPR.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.


Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top