Kaba Pemko Bukittinggi

Pakan Kurai Waspada Banjir

Bukittinggi, KABA12.com — Kelurahan Pakan Kurai kecamatan Guguk Panjang, menjadi salah satu daerah langganan banjir di kota Bukittinggi. Setiap terjadi hujan dengan intensitas tinggi beberapa titik di kelurahan Pakan Kurai selalu terjadi genangan air, hingga masuk ke rumah warga.

Lurah Pakan Kurai, Tomi Hidayat menjelaskan kawasan Pakan Kurai memang waspada banjir. Tercatat tiga titik di wilayah Pakan Kurai menjadi langganan banjir. Tiga daerah tersebut, Banda Dedek, Gurun Panjang (depan Mesjid Darussalam) dan depan Mesjid Baitul Jalal serta seputaran Koramil.

“Tiga daerah ini memang selalu digenangi air. Setiap hujan lebat, kami selalu pantau dan mendapat laporan dari warga. Berbagai upaya terus dilakukan, salah satunya goro rutin bersama warga, agar tidak ada sampah yang menyumbat saluran. Namun hal tersebut tidak terlalu mempengaruhi karena debit air tinggi dan juga ada sampah kiriman,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Tomi, beberapa usulan sudah diupayakan untuk penanganan banjir tersebut. Di kawasan Banda Dedek akan diupayakan dengan pembangunan drainase baru dengan dana dari dinas perkim sebesar Rp 1,4 M tahun 2018 ini. Selain itu, untuk kawasan Gurun Panjang sangat dipengaruhi oleh debit air dari daerah Jambur Air dan hal tersebut merupakan ranah kerja provinsi.

“Debit air di Gurun Panjang itu berasal dari Jambu Air. Hal ini akan diantisipasi oleh pemko dengan berkoordinasi bersama provinsi. Drainase di Jambu Air itu bagian kerja provinsi. Sehingga nantinya jalur drainase yang masuk ke Bukittinggi dari daerah itu akan diurai agar tidak menumpuk di satu titik,” ungkap Tomi.

Sementara untuk banjir di depan Baitul Jalal menunggu tindak lanjut dari dinas PU dan dinas terkait lainnya. Karena sejak beberapa hari terakhir, petugas dari dinas terkait telah melakukan peninjauan ke lapangan, termasuk mengkaji keberadaan ataupun kondisi sejumlah pipa yang ada dalam drainase setempat.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.


Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top