Kaba Terkini

KSB nagari Lawang Dibentuk. Zulfaroni Jabat Ketua

Lawang, kaba12.com — Kelompok siaga bencana (KSB) nagari Lawang, kecamatan Matur berhasil dibentuk masyarakat, Selasa, (13/2).

Pembentukan KSB Nagari Lawang menjadi prioritas mengingat berbagai potensi bencana yang mengintai di wilayah kecamatan Matur.

Bahkan tokoh-tokoh masyarakat setempat bertekad menjadikan seluruh masyarakat Lawang menjadi warga siaga bencana dan selalu siap menghadapi berbagai tantangan dan mengurangi resiko bencana yang dilandasi peran aktif semua pihak.
Seperti disebutkan, Zulfaroni, pemuda Nagari Lawang kecamatan Matur yang bertekad jadikan warga masyarakat Lawang dan kecamatan Matur siagakan diri masing-masing.

Hal itu dirasakan warga saat ada warga yang hilang dan berkat kerjasama relawan dapat ditemukan walau sudah tidak bernyawa lagi. Dan banyak hal yang bisa dilakukan dengan kebersamaan dan kesiagsiagaan masyarakat.

Bahkan hal itu disampaikan Roni setelah terbentuknya kelompok siaga bencana (KSB) Nagari Lawang dalam rapat bersama pemuda di kantor wali nagari Lawang.

Disebutkan, KSB sebagai organisasi sosial yang bergerak dalam kebencanaan sangat diperlukan untuk membantu masyarakat apalagi di wilayah Agam yang rawan bencana, termasuk kecamatan Matur.

Roni yang terpilih sebagai ketua KSB Lawang itu menyebutkan akan menghimpun data kebencanaan yang ada di nagari Lawang sekitarnya dan berkoordinasi dengan OPD terkait seperti BPBD, Pol PP Damkar, PMI dan juga akan menghimpun para donatur dan gudang darah.

Beberapa kegiatan yang akan disusun bersama sekaligus akan dilaporkan kepada OPD terkait atau BPBD dengan melaksanakan sosialisasi dan simulasi kebencanaan, kebakaran dan penyelamatan melibatkan seluruh warga masyarakat, yang dirangkai dengan pengukuhan relawan kelompok siaga bencana nagari Lawang dalam waktu dekat.

Terbentuknya KSB Lawang, Matur itu direspon positif Kabid. Pencegahan BPBD Agam, Yunaidi yang berharap, KSB Lawang bisa eksis mendorong kesiapsiagaan masyarakat dalam mengurangi resiko bencana. ” Kami berharap KSB Lawang bisa menjadi pionir dalam memperlihatkan eksistensinya dalam masyarakat,” sebut Yunaidi.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.


Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top