Kaba Terkini

KPU Agam Gelar Uji Publik, Jumlah Alokasi Kursi Dapil Bergeser

Lubukbasung, KABA12.com — KPU Agam gelar uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Agam untuk Pemilu 2019, di Hotel Sakura Lubukbasung, Selasa (13/02).

Uji publik itu mengundang Forkopimda, instansi terkait, pemangku kepemimpinan, pengurus parpol, panwaslu, pers dan organisasi masyarakat yang ada di Agam.

Ketua KPU Agam Alhadi mengatakan, pihaknya membuat rancangan penataan dapil untuk pemilihan anggota DPRD Agam pada Pemilu 2019 mendatang.

Dapil untuk pemilihan anggota DPRD Agam pada pemilu 2019 diusulkan  enam dapil, yakni dapil I Tanjung Mutiara dan Lubukbasung (9 kursi), dapil II Palembayan dan Ampek Nagari (6 kursi), dapil III Palupuah, Tilatang Kamang dan Kamang Magek (7 kursi), dapil IV Ampek Angkek, Canduang dan Baso (9 kursi), dapil V Sungai Pua, IV Koto, Banuhampu dan Malalak (9 kursi), kemudian dapil VI Tanjung Raya dan Matur (5 kursi).

“Rancangan dapil tersebut diusulkan berdasarkan 7 prinsip penetapan dapil, kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, prinsip proporsionalitas, integritas wilayah, prinsip berada dalam satu wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan,” ujarnya.

Alhadi menjelaskan, jika dibandingkan  alokasi kursi anggota DPRD pada pemilu 2014 sebelumnya tidak ada perubahan alias tetap 45 kursi, namun terjadi pergeseran jumlah alokasi kursi di daerah pemilihan I dan III.

“Dapil berdasarkan jumlah penduduk di kabupaten, jika dibandingkan dengan pemilu 2014 lalu jumlah penduduk kita berkurang dari 541.173 ke 524.906 pada 2017 jadi ada perubahan sekitar 16.267 jiwa. Sehingga kursi dapil I bergeser ke dapil III. Alokasi kursi di dapil I berkurang satu menjadi 9 kursi dan dapil III bertambah satu menjadi 7 kursi,” kata Ketua KPU Agam itu.

Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria yang hadir dalam uji publik itu mengatakan, Pemilu 2019 merupakan situasi baru yang akan dilakukan oleh seluruh rakyat Indonesia, dimana nantinya akan dilakukan lima pemilihan sekaligus, Presiden dan Wakil Presiden, DPR dan DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten.

“Ini suatasi baru yang akan kita lakukan. Menjadi pesta bagi masyarakat dalam memberikan aspirasi melalui 16 parpol calon peserta pemilu 2019 di Agam,” kata Trinda.

Wabup menghimbau agar masyarakat kabupaten Agam berperan aktif dalam pesta demokrasi pada 2019 nanti, “semangat demokrasi dalam rangka menyalurkan aspirasi merupakan kebersamaan. Diharapkan uji publik ini bisa meningkatkan sinergisitas bagi kita bersama,” harapnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.


Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top