Kaba Terkini

Hasil Musrenbang Sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan

Bukittinggi, KABA12.com — Sejak tanggal 5 hingga 15 Februari 2018 mendatang, setiap kelurahan di Bukittinggi menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat kelurahan. Setiap kelurahan pun membahas hasil dan rumusan dari pra musrenbang yang sudah dilakukan sebelumnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias yang juga menghadiri beberapa kegiatan musrenbang kelurahan menyampaikan, musrenbang kelurahan merupakan awal perencanaan pembangunan tingkat kelurahan. Untuk itu, pada musrenbang kelurahan dibutuhkan komitmen untuk membangun daerah sesuai dengan visi misi yang tertuang dalam RPJMD.

“Musrenbang ini diharapkan dapat menghasilkan keputusan untuk mengajukan pembangunan sesuai kebutuhan. Bukan sesuai dengan keinginan. Ini harus digarisbawahi. Sehingga apa yang diusulkan ke kecamatan hingga tingkat kota nantinya, dapat dinikmati oleh seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Ramlan menambahkan, banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pembangunan daerah. Tidak hanya dari APBD saja, namun juga dapat diupayakan dengan bantuan provinsi, pusat maupun dari dana CSR BUMD dan BUMN.

“Sudah banyak bukti kalau kita mau berusaha. Pasar penampungan 60 persen lebih itu dibangun dengan bantuan pihak ketiga. Lampu penerangan jalan bantuan dari pusat atas prakarsa anggota DPR RI, Mulyadi. Pembangunan embung nantinya juga dari pusat atas prakarsa anggota DPR RI, Ade Rizki. Jadi banyak peluang yang bisa diupayakan agar pembangunan berjalan tidak hanya dari APBD,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Wako, dari musrenbang tingkat kelurahan ini, kebutahan prioritas masyarakat dapat ditampung agar dapat disampaikan di tingkat kecamatan hingga tingkat kota, untuk selanjutnya disinkronkan dengan program pemerintah. Selain itu, warga juga memiliki anggota DPRD Bukittinggi yang punya pokir (pokok pikiran).

“Jika tidak tertampung dalam perencanaan pembangunan kota, bisa dipuyakan melalui pokir anggota dewan. Untuk itu mari bangun komunikasi yang baik dengan seluruh pihak, agar Bukittinggi ini lebih maju dan masyarakatnya makin sejahtera,” tegasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.


Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top