Kaba Terkini

Agam Kekurangan Ribuan Tenaga Guru

Lubukbasung, KABA12.com — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten Agam menyebut daerah tersebut kekurangan ribuan tenaga guru sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Untuk memenuhi kekurangan tersebut setidaknya Agam harus mempekerjakan sekitar 1.979 orang tenaga pendidik untuk menutupi kekurangan tersebut.

“Berdasarkan data Januari 2018, Agam kekurangan ribuan tenaga guru untuk SD dan SMP. Baik guru kelas, guru agama dan guru mata pelajaran,” ungkap Isra pada KABA12.com, Kamis (08/02).

Baca Juga : Agam Usulkan 500 Formasi CPNS Pada KemenPAN-RB

Dijelaskan, untuk SD dibutuhkan 1.641 orang guru dan SMP sebanyak 338 orang guru. Selama ini untuk menutupi kekurangan tersebut, sekolah secara swadaya mempekerjakan guru-guru tenaga honorer yang digaji menggunakan dana yang terbatas berasal dari dana BOS atau alokasi anggaran yang diupayakan oleh sekolah masing-masing.

Baca Juga:  Wabup Agam Tinjau Tiga Posko Check Point

“Jika kita perhitugkan berapa orang guru yang tengah pendidikan, pensiun, meninggal, pindah dinas dan yang lainnya, kebutuhan 1.979 orang guru itu masih belum mencukupi. Sementara pemerintah pusat meminta setiap sekolah harus meningkatkan kualitas. Tapi bagaimana caranya kita menagih ke sekolah untuk meningkatkan kualitas sementara kesejahteraan guru pengajar belum terpenuhi,” jelasnya.

Baca Juga:  Dakwah Wisata Untuk Pererat Tali Silahturrahim

Selain antisipasi dengan mempekerjakan tenaga guru honorer, upaya lain yang dilakukan pemerintah daerah dengan membantu sekolah melalui alokasi APBD berupa bantuan biaya operasional, dan ATK. Serta mulai menganggarkan biaya transportasi sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah pada guru honorer.

“Tahun ini kita coba bantu guru honorer untuk uang transport yang nantinya akan dibayarkan per triwulan,” ulas Isra.

Baca Juga:  PHI ke 90, Tingkatkan Peran Perempuan Bangun Ketahanan Bangsa

Terkait dengan kekurangan tenaga guru , BKPSDM Agam telah mengajukan usulan pembukaan sekitar 500 formasi CPNS pada MenPan-RB.
Usulan tersebut disampaikan setelah pihaknya melakukan analisa jabatan (anjab) sebagai salah satu syarat untuk pengusulan formasi CPNS. Dari hasil analisa tersebut dapat diketahui Agam membutuhkan tenaga pendidik, kesehatan, tenaga teknis dan posisi lainnya.

“Sekarang kita baru mengirimkan usulan ke Kemen PAN-RB, sekitar 500 formasi. Namun berapa jatah yang diberikan kepada kita belum diketahui,” sebutnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top