Kaba Terkini

Pemko Jadwalkan Shalat Khusuf Saat Gerhana Bulan

Bukittinggi, KABA12.com — Fenomena alam gerhana bulan diprediksi akan terjadi pada 31 Januari 2018. Diperkirakan, gerhana bulan diakhir Januari nanti merupakan gerhana bulan total, dimana dapat diamati dengan mata telanjang dan tidak berbahaya.

Ketika gerhana bulan sedang berlangsung, memang umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut disunnahkan untuk melaksanakan Shalat Gerhana (Shalat Khusuf). Hal inipun juga telah dijadwalkan oleh pemerintah kota Bukittinggi.

Kabag Humas Setdako Bukittinggi, Yulman menjelaskan, pemerintah kota telah menyusun jadwal pelaksanaan Shalat Khusuf berkaitan dengan akan terjadinya Gerhana Bulan Total (GBT) pada tanggal 31 Januari 2018 di Pelataran Jam Gadang. Selain itu juga akan dilakukan pengamatan gerhana bulan total oleh BMKG Padang Panjang di lokasi tersebut.

“Rabu 31 Januari 2018 malam nanti Pemko Bukittinggi akan adakan Sholat Gerhana Bulan yang akan diawali dengan sholat Isya berjamaah. Diprediksi, gerhana bulan kali ini merupakan gerhana bulan total dengan durasi terlama abad ini. Dimana diperkirakan gerhana terjadi mulai pukul 19.51 hingga 21.08 WIB atau sekitar 1 jam 16 menit. Untuk itu dihimbau pada warga Bukittinggi untuk bersama-sama melaksanakan shalat Isya dan shalat Khusuf pada hari itu,” himbaunya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setdako Bukittinggi, Zulfa Akmal menyampaikan shalat Khusuf akan dihadiri Walikota, Wakil Walikota, Unsur Forkopimda dan kepala SOPD di lingkungan pemko Bukittinggi, Kepala BMKG Padang Panjang dan Kakan Kemenag Bukittinggi.

“Bertindak sebagai Khatib, H.Ilham.LC.MA, Pimpinan pondok pesantren dan Ma’had ‘Ali Thawalib Parabek. Sedangkan Imam, Afrizal Tk Nan Kayo Ketua IPQAH Kota Bukittinggi,” jelasnya.

Untuk pengamatan gerhana bulan total sendiri, akan dilaksanakan mulai dari pukul 18.00 hingga 23.15 WIB di pelataran Jam Gadang.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top