Catatan 12

Lubukbasung “ Tacelak 2018 “

Catatan : Harmen

Bagi rang rantau yang jarang pulang kampuang, atau mengagendakan pulang kampuang sekali 2 tahun, pasti akan tercengang dan terbelalak melihat sekelumit kemajuan pusat pemerintahan kabupaten Agam di Lubukbasung.

Ibukota kabupaten Agam yang tahun ini sudah berusia  hampir berusia seperempat abad, 19 Juli 2018 mendatang, sudah sangat banyak berubah. Kini, jika kita menelusuri pusat perkantoran di Padang Baru, Lubukbasung sudah berdiri bangunan-bangunan megah berkonstruksi 2 lantai dengan arsitektur minimalis.

Perlahan memang. Namun, Lubukbasung pasti menuju berkembang dan maju, kini sudah sangat terasa. Apalagi dengan rampungnya 3 bangunan megah yang dibangun Pemkab Agam tahun 2017 lalu, yang diperuntukan bagi kantor Dinas Kesehatan Agam di depan RSUD Lubukbasung, Dipertahornak Agam dan Dinas Perikanan-Kelautan, di kawasan ruang terbuka hijau kompleks GOR Rang Agam, Padang Baru.

Semua sudah memberi warna perubahan, sesuai program bupati Agam, seiring harapan masyarakat yang menginginkan perubahan besar di Lubukbasung, seiring dengan posisi sebagai pusat pemerintahan daerah.

Tak hanya ini, sosok ornamen kota sudah sumringah dengan pembenahan kantor bupati Agam, gedung DPRD Agam, gedung Bappeda-Inspektorat Agam, gedung DPUK Agam, gedung Dinas Pendidikan-Kebudayaan Agam, yang berada di sehamparan kawasan Padang Baru, sesuai dengan program tata kota yang dirancang pemerintah bersama DPRD Agam. Ini membuat bangga.

Dan kebanggaan itu, pasti akan semakin lengkap jika rencana taman khusus di depan DPRD Agam rampung sebentar lagi, termasuk jika gedung RSUD Lubukbasung yang dibangun tahun ini rampung, termasuk tuntasnya pembangunan berbagai sarana di ruang terbuka hijau komplek GOR Rang Agam, yang kini, setiap sore menjadi arena olahraga dan bersantai masyarakat. Bisa dibayangkan, sosok Lubukbasung beberapa tahun kedepan.

Ini sudah menjadi agenda daerah sejak lama. Tuntutan kemajuan daerah, dan semakin berkembangnya kabupaten Agam, membuat ketersediaan sarana pelayanan yang memadai menjadi prioritas penting yang dihadirkan Pemkab Agam.

Hanya saja, kekinian di era informasi serba terbuka ini, kita termasuk media sangat sulit mendapatkan data, untuk dibentang juga secara terbuka pada masyarakat, tentang rangkaian agenda pembangunan yang sudah dilakukan Pemkab Agam.

Informasi terbuka, lengkap dengan detail data masih sulit didata, sehingga masyarakat pun tidak bisa melihat secara factual, berapa panjang ruas jalan yang sudah dibangun, berapa panjang saluran irigasi yang tuntas, dan berapa luas areal persawahan yang potensial memberi efek kesejateraan masyarakat. Kalaupun  ada, itupun masih “bastiungkin” untuk mendapatkannya. Tapi itulah adanya.

Namun, alangkah luar biasanya Agam, sukses dengan program BISA, yang mentargetkan pembangunan sarana perkantoran 3 setahun di pusat ibukota, 3 setahun kantor camat , mengaspal seluruh ruas jalan yang ada di kabupaten Agam, bahkan sampai ke sudut perkampungan pun, kini jalan sudah beraspal hotmix.

Bahkan, kini kemajuan bidang pertanian dan perkebunan, bahwa peran aktif masyarakat dalam mengembangkan potensi pertanian-perkebunan dengan program Agam Menyemai dirasa sudah makin menjalar sampai ke jorong dan nagari.

Hanya saja, tinggal bagaimana “mewujudkan” mimpi masyarakat untuk tidak lagi merasa “beda” sampai lepas dari Simpang Gudang menuju Lubukbasung. Karena “terasa benar-benar” ada yang beda saat mulai memasuki kawasan Simpang Gudang-Manggopoh sampai ke Balai Salasa.

Mimpi masyarakat agar Pemprov Sumbar segera merealisasikan pembangunan jalan dua jalur itu, sudah semakin membubung. Tapi, entah dimana tersendatnya. Kita menunggu kepiawaian para politisi di DPRD Agam, termasuk unsur terkait di Pemkab Agam untuk kembali membangun lobi-lobi pada pemerintah propinsi atau pemerintah pusat.

Setidaknya, membuat kita, masyarakat, bisa menikmati nyaman yang cukup lama sampai ke pusat kota Lubukbasung di Padang Baru, tidak terusik oleh lobang dan benjolan jalan yang terasa benar-benar. Terasa, Lubukbasung tacelak 2018. Semoga ini, jadi nyata benar-benar. ( *** )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top