Kaba Terkini

Pemkab Agam Gelar Diskusi Publik RKPD 2019

Lubuk Basung, KABA12.com — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Agam menggelar forum konsultasi publik penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Agam tahun 2019 di aula Bappeda Agam, Rabu (10/01).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Bupati Agam diwakili Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria Dt. Tumangguang Putiah dan dihadiri Sekretaris Daerah Martias Wanto Dt. Maruhun, Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, kepala OPD, DPRD Agam, Camat se- Kabupaten Agam, Walinagari se- Kabupaten Agam dan LSM.

Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria dalam sambutannya mengatakan, tahun 2019 mendatang, merupakan tahun ketiga bagi Pemerintah Kabupaten Agam dalam upaya mewujudkan ‘Kabupaten Agam yang Berkeadilan, Inovatif, Sejahtera, Agamais dan Beradat (BISA) menuju Agam Mandiri, Berprestasi yang Madani’. Oleh karena itu, penyelenggaran forum konsultasi publik penyusunan rancangan awal RKPD Kabupaten Agam tahun 2019 ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu – isu strategis di tengah- tengah masyarakat.

Baca Juga:  Gedung Distan Agam Dapat Poin Lebih, 300 Karangan Bunga Bertaburan

“Penyusunan RKPD tahun 2019 ini harus lebih cermat dan terintegratif, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat dan cepat,”ujarnya.

Trinda Farhan Satria menambahkan, output dari konsultasi publik ini akan menjadi dokumen awal dalam tahapan perencanaan dan secara konsisten akan dipedomani di tahapan berikutnya. Disamping itu, pada tahapan ini akan diwacanakan tema pembangunan tahun 2019.

Baca Juga:  Kejari Agam Kawal Penanganan Dampak Covid19 “ Sebar HOAX Dituntut Maksimal “

“Saya minta semua pimpinan dan aparatur di SKPD serta seleruh stake holder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif, dengan tetap mengedepankan norma- norma masyarakat Kabupaten Agam yang Agamais. RKPD harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sector secara terukur,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Agam, Welfrizar mengatakan, tujuan forum konsultasi publik ini adalah untuk memperoleh masukan tentang isu strategis , prioritas daerah dan sasaran pembangunan daerah yang akan dicapai pada tahun 2019 yang dituangkan kedalam rancangan awal RKPD tahun 2019.

Baca Juga:  Ny. Mufidah Jusuf Kalla Bakal Resmikan Sentra Tenun Kriya Lintau

“RKPD tahun 2019 ini nantinya akan diajukan kepada kepala daerah untuk mendapatkan persetujuan dan menjadi pedoman dalam menyempurnakan Ranwal Renja OPD,”ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari dengan lima orang narasumber yakni, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar Siti Aisyah, Direktur FORIS NGO Khairil Anwar, Ahli Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Achmad Mochtar dr. H. Yosse Rizal, Sp KK, Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Sumbar, Dosen Unand Dr. Ir, Ira Wahyuni Syarfi, MS.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top