Kaba Terkini

Pemkab Agam Gelar Upacara Peringati Hari Bela Negara ke-69

Lubuk Basung, KABA12.com — Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bela Negara yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati daerah itu, Selasa (19/12). Upacara tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Agam, Dandim 0304 Agam, Kepala Pengadilan dan OPD.

Pada Upacara tersebut Wabup menyampaikan amanat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dalam amanat tersebut Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk belajar dari sejarah perjuangan bangsa.

Baca Juga:  RSUD Bukittinggi Disiapkan Jadi Rumah Sakit Jantung

“Sejarah mencatat bahwa Indonesia bisa beriri tegak sebagai bangsa berdaulat tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat. Aksi bela negera tidak hanya dilakukan dengan kekuatan sejata, tapi juga dilakukan oleh sitiap warga negara dalam bentuk yang lain tentunya dengan kesadaran mereka,” ujar wabup saat membaca sambutan Jokowi.

Wabup juga menyampaikan, di era ketergantungan teknologi ini telah membawa masyarakat kepada cara pandang terhadap berbagai kemungkinan ancaman. Memasuki era melinium ini sudah tentu tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, ataupun keselamatan seluruh bangsa tidak lagi bersifat tradisional atau ancaman militer, tetapi sudah bersifat multidimensional dan berada disetiap linii kehidupan.

Baca Juga:  DPRD Sumbar Dorong Keterwakilan Caleg Perempuan di Agam

“Oleh karena itu, untuk aktualisasi kecintaan terhadap negeri atau jiwa patriotisme dan nasionalisme sudah tentu jauh berbeda dari era perjuangan dari pendahulu kita. Kerana tantangan dan ancaraman jauh berbeda,” lanjutnya.

Baca Juga:  Soal Kebhinekaan, Syafii Maarif Anggap Pemerintah Terlambat

Ia menambahkan, para generasi muda merupakan pemimpin dimasa yang akan datang. Untuk mereka harus berperan dan bangga dengan negaranya sendiri, serta harus hebat untuk dirinya, untuk bangsanya dan negeranya.

“Tantangan kita sekarang adalah bagaimana generasi muda dapat meningkatkan kualitas pengorbanan kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

(Virgo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top