Kaba Terkini

BPBD Bukittinggi Ajak Pelajar SD Siaga Terhadap Bencana Gempa

Bukittinggi, KABA12.com — BPBD Bukittinggi gelar sosialisasi kesiapsiagaan bencana di SD Negeri 01 Campago Ipuah, Sabtu (16/09).

Kegiatan ini diinisiasi oleh sekolah dengan harapan warga sekolah mampu mengetahui dan memahami apa saja yang diperlukan sebelum, saat dan setelah terjadi bencana, teruma gempa bumi yang rawan terjadi di Bukittinggi.

Baca Juga:  Icu Zukafril : Peradaban Minangkabau Perlu Penguatan

Pemateri dalam sosialisasi itu, Reynaldo dari Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bukittinggi.

Reynaldo memberikan pemahaman kepada peserta siswa bahwa bencana gempa tidak bisa dicegah, hanya bisa mengurangi resikonya dengan pengetahuan dan tindakan-tindakan yang tepat.

“Ketika terjadi gempa, semua siswa harus jongkok atau bersimpuh, berlindung di bawah meja dan tunggu hingga gempa berhenti kemudiam keluar menyelamatkan diri,” ujarnya pada 191 orang siswa peserta sosialisasi.

Baca Juga:  Pemuda Nagari Manggopoh Ikuti Pembinaan Siskamling

Selain memberikan materi cara menyelamatkan diri dari ancaman bencana gempa, BPBD juga memberikan pemahaman mengenai pengetahuan dasar bencana lainnya.

“Sejak usia dini, anak-anak harus disadarkan bahwa mereka hidup di tengah lingkungan yang sangat rawan bencana alam. Itulah sebabnya, sebagai calon bagian dari masyarakat, dalam jiwa mereka harus ditanamkan semangat tanggap bencana,” sebutnya.

Baca Juga:  Perbakin Agam Gelar Baksos

Sosialisasi BPBD  Bukittinggi disambut positif pihak sekolah. Kepala SDN 01 Campago Ipuah, Monaliza berharap sinergitas antara BPBD dengan sekolah terus ditingkatkan, agar edukasi kesiapsiagaan bencana merata diperoleh siswa-siswi di Bukittinggi.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top