Kaba Pemko Bukittinggi

Lomba Masak ICA, SMK Sintoga Pariaman Juara Umum

Bukittinggi, KABA12.com — Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias diwakili Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Erwin Umar membuka  lomba masak umbi – umbian tingkat SMK se-Sumatera Barat, yang dilaksanakan oleh  Indonesia Assosiation Chef (ICA) Bukittinggi di Objek Wisata Ngarai Maaram Bukittinggi, Minggu (20/08).

Ketua panita pelaksana, Pramulia Darman menjelaskan, lomba dalam rangka HUT RI  ke-72  dan  untuk memperkenalkan kembali produk asli Indonesia.  Sengaja diadakan di objek wisata Ngarai Maharam agar masyarakat juga tahu Bukittinggi memiliki objek wisata yang menarik sekaligus mengenalkan kembali masakan tradisional asli Indonesia.

Baca Juga:  Sukses Organisasi Tergantung Pola Pemimpin

” Lomba diikut 15 kelompok, dimana masing – masing kelompok terdiri dari 3 orang yang berasal dari kota Padang, Bukittinggi, Kabupaten Sijunjung, Pariaman, Padang Panjang, Solok dan Agam,” ujar pengusaha restoran Kubang Hayuda itu.

Ketua ICA Bukittinggi, Yelwatrison mengatakan lomba ini sengaja diadakan dengan bahan dasar umbi – umbian  untuk menghidupkan kembali pangan lokal dari bahan tersebut.

Baca Juga:  Pemkab Agam Dorong Lahirkan Pemilih Cerdas

Selain itu juga untuk memotivasi pelajar khususnya dari jurusan tata boga di SMK.

“Jangan sampai masakan tradisional dilupakan akibat menu dari luar,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Erwin Umar  mengapresiasi  kegiatan yang baru peratama dlaksanakan ICA ini dan mendapat sambutan yang luar biasa dari berbagai pihak.

“Lomba ini diharapakan dapat melahirkan juru masak yang handal  mengusung konsep masakan tradisional dengan sentuhan modern sehingga dunia kuliner sebagai salah satu penunjang pariwisata Bukittinggi lebih bisa dikembangkan dan menjadi ladang bisnis yang menjanjikan,” ucapnya.

Baca Juga:  Menyamar Sebagai Pembeli Narkoba, Anggota Polisi Disiram Air Keras

Dalam Lomba ini juri menilai dari 5 kategori yakni mulai dari persiapan, kerjasama tim, kebersihan, sanitasi dan hygiene, penyajian serta cita rasa. Alhasil, SMK Sintoga Pariaman grup C meraih juara 1, juara 2 diraih SMK 2 Bukittinggi grup E dan juara 3 SMK Sintoga Pariaman grup A.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top