Kaba Terkini

Asian Games 2018 Dijadikan Ajang Promosi Teknologi

Tekno, KABA12.com — Pesta olahraga Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang akan dijadikan ajang unjuk kebolehan teknologi 5G LTE.

Hal tersebut diungkap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat lawatannya ke Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia mengatakan adanya teknologi 5G LTE diharapkan memberi kesan yang lebih pada para peserta Asian Games 2018, dalam.hal ini para atlet dan official-nya.

“Saya berharap peserta Asian Games, begitu pulang dari Indonesia, di pemikiran mereka Indonesia itu tidak hanya ramah dan indah saja. Tapi juga berpikir bahwa Indonesia tidak ketinggalan dari sisi teknologi,” ujarnya, seperti dikutip detik.com.

Baca Juga:  Kasat Lantas Siapkan Pembinaan Khusus di SMKN 2

Lebih lanjut, Chief RA, demikian sapaan akrabnya, mengatakan teknologi 5G LTE yang digunakan ini bukanlah teknologi 5G yang akan digunakan pada Olimpiade 2020 yang berlangsung di Jepang. Teknologi 5G LTE ini seperti fix wireless dengan kecepatan yang sangat kencang.

Baca Juga:  Goro Pembersihan Danau Maninjau, 140 Eks KJA Dibersihkan

“Tembus 100 Mbps,” ungkapnya.

Agar rencana ini terealisasi, Menkominfo membuka pintu selebar-lebarnya bagi siapapun yang ingin mengujicobakan teknologi 5G LTE. Panduannya mengacu pada Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 2016.

Terkait teknologi 4,5G yang akan digeber pihak operator seluler, Menkominfo menjamin secara teknologi tidak masalah. Sebab secara infrastruktur sudah tersedia, hanya tinggal transmisi di venue Asian Games 2018 yang perlu diperbesar.

Untuk itu di seluruh tempat pertandingan, baik di Jakarta dan Palembang, akan dipasangi fiber optic dan diberikan akses ke dalamnya. Sehingga ini akan memaksimalkan operator menggeber layanan 4,5G.

Baca Juga:  Irdinansyah : Isu Bukit Tubasi Akan Ditambang Tidak Benar

Agar makin komplit, Kominfo akan menghadirkan aplikasi resmi Asian Games 2018. Dalam pembuatannya diserahkan pada Ericsson yang telah berpengalaman membesut aplikasi untuk kegiatan serupa.

“Jadi jika ditanya berapa persentase kesiapan Asian Games 2018 sulit dijawab. Tapi saya memastikan secara teknologi sudah siap,” tutupnya.

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top