Kaba Pemko Bukittinggi

Lomba Puisi Perjuangan Sambut HUT RI ke 72

Bukittinggi, KABA12.com — Sebanyak 62 pelajar Sekolah Dasar kota Bukittinggi, mengikuti lomba baca puisi perjuangan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 72, di auditorium RRI, Selasa (08/08).

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan, Melfi Abra menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan Disdikbud Bukittinggi bekerjasama dengan RRI mengangkat tema “puisi meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa”.

“Lomba baca puisi ini menjadi salah satu agenda rutin disdikbud setiap tahunnya, dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia. Tujuannya bukan hanya untuk berlomba saja, namun juga lebih menanamkan jiwa patriot dan menghargai perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Jadi Pembina Upacara, Kadishub Agam Ingatkan Siswa Keselamatan Berlalulintas

Sementara itu, Wakil Walikota, Irwandi,  mengungkapkan kebanggaannya atas semangat para peserta dalam membaca puisi perjuangan. Puisi menjadi salah satu sarana untuk membentuk karakter para pelajar. Sehingga dapat menjadikan generasi Bukittinggi tumbuh dengan semangat juang dan menghargai sesama.

Baca Juga:  Longsor Parah Hantam Tanjung Raya. 10 Rumah Terdampak Warga Galapung Mengungsi

“Berpuisi akan membangun toleransi sosial. Sehingga dapat menciptakan generasi muda yang memiliki kepekaan sosial. Kobarkan semangat patriotisme dalam menjalani kehidupan. Dengan demikian tentu para pelajar dapat terus semangat untuk berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan, terutama untuk membentengi diri dengan efek negatif dari perkembangan zaman,” ujarnya.

Selanjutnya, Irwandi berharap kaegiatan ini dapat dilakukan secara berkala. Tidak hanya karena ada momentum khusus, namun dapat dilaksanakan sebagai sarana untuk mengembangka potensi pelajar, khususnya dibidang sastra.

Baca Juga:  Rawan Kecelakaan, Bekas Longsor Masih Dibiarkan

Dalam  perlombaan ini, para peserta dinilai tiga dewan juri yang tidak asing lagi di dunia sastra, Bunda Linda Zubir, M. Ihsan Gautama dan M. Subhan. Khusus untuk acara ini, peserta pun diperbolehkan menggunakan poperti, termasuk menggunakan musik.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top