alterntif text

Kaba Terkini

Dinkes Agam Gelar Pelatihan PTM Berbasis e-Web

Bukittinggi, KABA12.com — Dinas Kesehatan Kabupaten Agam gelar  pelatihan Penyakit Tidak Menular ( PTM ) Berbasis Website bagi petugas puskesmas se kabupaten Agam di hotel Grand Malindo, Bukittinggi.

Pelatihan diselengarakan selama 2 hari  mulai 11 – 12 Juli 2017, dibuka Rabu,(11/7) oleh Kadinkes Agam Dr.H.Hendri Rusdian, M,kes.

Peserta pelatihan adalah petugas pemegang program PTM di seluruh  puskesmas di Kab. Agam sebanyak 23 orang dengan narasumber dari Dinkes Provinsi Sumbar dan Dinkes Kab Agam.

Kepala Dinas Kesehatan Agam Hendri Rusdian dalam sambutan pembukaannya menyebutkan, tujuan pelatihan tersebut digelar untuk meningkatkan kapasitas petugas sehingga bisa melaksanakan kegiatan PTM dengan baik dan sesuai standar yang ditetapkan secara medis.

Baca Juga:  Disparpora Agam Benahi Tiga Objek Wisata Jelang Idul Fitri

Ditambahkan Hendri Rusdian, Penyakit Tidak Menular saat ini telah menjadi permasalahan kesehatan masyarakat Indonesia sepertu hipertensi, stroke, penyakit jantung, diabetes millitus dan kanker, merupakan penyakit tidak menular yang prevalensi cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Dijelaskan Hendri Rusdian, penyakit tidak menular itu  sangat erat sekali hibungannya dengan gaya hidup dan perilaku hidup sehari-hari seperti kurang aktivitas fisik,  merokok, diet yang tidak seimbang, serta konsumsi minum beralkohol.

Baca Juga:  Serah Terima Tugas dan Silaturrahmi Bupati-Wakil Bupati Agam Semarak

PTM ini sebutnya, bisa dicegah dengan pengendalian faktor resiko melalui pemberdayaan masyarakat melaui POSBINDU PTM ( Pos Pembinaan Terpadu PTM ) termasuk upaya pengendalian PTM di puskesmas bisa berjalan dengan baik didukung  SDM Petugas yang berkualitas dan profesional.

” Kita berharap melalui pelatihan ini petugas mampu menyelenggarakan kegiatan PTM dengan baik dan berkualitas,” sebutnya.

Bahkan yang menjadi prioritas  seiring dengan profesionalisme pelayanan medis terhadap masyarakat memanfaatkan era digitak, dimana petugas harus mampu meng- entri data-data kegiatan PTM seperti kegiatan Posbindu PTM, screaning kesehatan dan pemeriksaan deteksi dini kanker servik ke portal web PTM masing-masing puskesmas yang bisa di akses secara online oleh Dinkes kabupaten Agam Dinkes Provinsi Sumbar dan Kemenkes RI.

Baca Juga:  Semangat HUT RI Ketua DPRD Agam Minta Warga Bangun Persatuan

Program pelatihan ini disebutkan Kadinkes Agam sebagai salah satu terobosan penting dunia medis di kabupaten Agam memanfaatkan tekhnologi informasi dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Terkini

To Top