Kaba Terkini

Sel Dugem Salah Satu Solusi Turunkan Hipertensi

Life, KABA12.com — Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat tak jarang memicu berbagai penyakit salah satunya hipertensi atau dikenal dengan tekanan darah tinggi. Bahayanya, darah tinggi memicu penyakit mematikan lain seperti jantung, stroke, dan gagal jantung.

Seperti yang dilansir okezone.com, ada sebuah inovasi yang digunakan oleh mahasiswa di bidang kesehatan dan kuliner tercipta. Mereka menciptakan terobosan Sel Dugem alias Selai Mengkudu dan Bogem Anti Hipertensi.

Baca Juga:  Bupati Indra Catri Sukses “Tarik” OK- OCE ke Kabupaten Agam

Mereka adalah Septia Rahmadini, Dian Cahyani Sisari, Syifa’ul Janna, Qurrotul A’yun, dan Aprilia Rachmawati. Kelimanya tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga (Unair). Mereka memanfaatkan buah mengkudu dan buah bogem sebagai solusi menurunkan hipertensi.

“Kandungan yang dimiliki buah mengkudu yaitu scopoletin dan xeronin memiliki khasiat menurunkan tekanan darah,” jelas salah satu mahasiswa Septia Rahmadini seperti dilansir dari laman Unair, Minggu (09/07).

Baca Juga:  Jelang Idu Adha, Distan Agam Turunkan 44 Petugas Periksa Hewan Qurban

Sementara itu, buah bogem memiliki kandungan senyawa bioaktif yang berpotensi sebagai antihipertensi. Sel Dugem ini telah dikemas dengan dua variasi yakni 300 gram dan 100 gram.

“Produk dengan berat 300 gram seharga Rp25.000 dan 100 gram seharga Rp15.000,” tambahnya.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Baru di Kamang Hilia

Septia mengatakan, selama empat bulan produknya dibuat, Sel Dugem ini telah didistribusikan dan tersebar di beberapa daerah di Pulau Jawa. Bahkan, ke depannya mereka juga akan memasarkan produk selai anti hipertensinya ini ke luar Jawa hingga ke luar negeri.

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Terkini

To Top