Kaba Terkini

Ribuan Bikers Ikuti Gowes Pesona Nusantara 2017

Bukittinggi, KABA12.com — 15 tim gowes diiringi ribuan pecinta sepeda kota Bukittinggi mengikuti gowes pesona nusantara 2017 yang pada Minggu (09/07) pagi yang di lepas langsung oleh Walikota Bukittinggi di pelataran Jam Gadang.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Kementrian Pemuda dan Olahraga dengan pemerintah kota Bukittinggi.

Dalam program Nasional ini, para bikers mengayuh sepeda mereka dari Sabang hingga Marauke, melewati 90 Kabupaten Kota sejak 5 Mei lalu hingga 9 September 2017 mendatang. Dan pada Minggu pagi tiba di kota Bukittinggi sebagai salah satu tuan rumah.

Ketua pelaksana, Erwin Umar melaporkan, gowes pesona nusantara 2017 diikuti 1852 peserta dan akan melewati sejumlah rute di Bukittinggi. Diantaranya Panorama – Simpang Tembok – Bukik Ambacang – Simpang Gadut – Simpang Guguak Bulek – Simpang Surau Gadang -by Pas – Simpang Jambu Air – Jalan Jenderal Sudirman dan finish kembali di Jam Gadang.

“kegiatan ini bertujuan agar memasyarakatkan olah raga, olah raga bermasyarakat dan berwisata bersama olah raga, yang tentu saja melahirkan multiplayer efek, khususnya dibidang ekonomi kerakyatan,” jelas Kadisparpora Bukittinggi itu.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga diwakili Deputi pengembangan pemuda, Dr. Jonni Mardizal, MM menyampaikan kegiatan gowes pesona nusantara merupakan program “ayo olah raga” yang dicetuskan oleh Menpora dan program dari Presiden Indonesia.

“Kami dari kementrian memilih sepeda sebagai ikon ayo olah raga karena banyak banyak filosof yang terkandung didalamnya. Bersepeda melatih keseimbangan, bergerak terus maju kedepan dan tidak putus asa dalam menghadapi kehidupan,” ujarnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menjelaskan kegiatan gowes nusantara 2017 merupakan salah satu event untuk mendukung konsep Bukittinggi kota wisata sambil olah raga. Haraonnya dengan olah raga sepeda tercipta masyarakat yang sehat lahir batin.

“Kami berterima kasih kepada pusat dengan dipilihnya Bukittinggi sebagai salah satu kota yang dilewati. Kedepan kita akan perbaiki berbagai fasilitas olahraga dan siap menjadi tuan rumah berbagai event bertaraf Nasional dan juga Internasional. Khusus di Bukittinggi pada event kali ini, peserta akan melewati rute sepanjang 20 kilometer. Semoga peserta betah dan kembali di Bukittinggi dengan udara sejuk yang mendukung olahraga,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kota Bukittinggi juga menyerahkan segumpal tanah dari titik tertinggi dan air dari lembah terendah yang akan disatukan di Magelang dengan seluruh tanah di 34 provinsi Indonesia.

“Ini luar biasa dan menjadi salah satu doa bersama untuk menjaga keutuhuan NKRI,” pungkas orang nomor satu di Bukittinggi ini dengan haru.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top