Agam

Bantai Massal di Tiku. 103 Ekor Hewan Disembelih

Tiku, KABA12.com — Tradisi “mambantai” atau pemotongan hewan sapi dan kerbau serentak menyambut bulan suci Ramadhan 1438 hijriah di kompleks Pasar Tiku, kecamatan Tanjung Mutiara, Sabtu,(24/6) dini hari dibanjiri ribuan warga.

Warga dari berbagai daerah di Sumatera Barat sengaja datang untuk membeli daging sapi atau kerbau segar yang baru disembelih di lokasi.

Tradisi ini sudah sangat lama berlangsung bahkan menjadi event wisata tersendiri jika dinas pariwisata Agam jeli memanfaatkannya.

Informasi yang diperoleh KABA12.com dari Weri Ikhwan, Kasi PNM Tanjung Mutiara, tradisi mambantai basamo para pedagang daging segar dari berbagai wilayah di Tanjung Mutiara, Lubukbasung, Tanjung Raya bahkan ada pedagang daging dari Bukittinggi dan Payakumbuh yang sengaka buka lapak di Tiku setiap tahunnya.

Menurut Weri Ikhwan, menyambut hari raya Idul Fitri 1438 hijriah, tercatat 103 ekor sapi dan kerbau yang dipotong. dengan kisaran harga Rp.130.000 – Rp.140.000 per kg.

Dijelaskan Weri Ikhwan dari total 103 ekor hewan yang dipotong tersebut hanya 84 ekor sapi yang membayar restribusi, ” seluruh kegiatan berjalan lancar, karena seluruh petugas turun memeriksa kondisi ternak dan hal-hal khusus lain,” sebut Weri Ikhwan.

Pemotongan hewan massal untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat menyambut hari raya Idul Fitri menjadi tradisi warga di beberapa kecamatan di kabupaten Agam, seperti hari yang sama digelar prosesi pemotongan hewan di Pasa Bawan Ampek Nagari sebanyak 75 ekor sapi.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top