Kaba Terkini

Serbu kota Pigcawayan, Militan pro-ISIS Sandera Siswa Sekolah

Jakarta, KABA12.com — Kelompok militan pro-ISIS dilaporkan menyerbu kota Pigcawayan, Pulau Mindanao, dan menduduki sebuah sekolah setempat pada Rabu (21/06) pagi. Sejumlah siswa juga dikabarkan menjadi sandera kelompok militan tersebut.

Kepala Kepolisian kota Pigcawayan, Inspektur Realan Mamon, mengatakan anggota Pejuang Kebebasan Bangsamoro (BIFF) terlibat baku tembak dengan militer di wilayahnya yang terletak di Provinsi Cotabato Utara, pusat Pulau Mindanao.

Baca Juga:  Pohon Tumbang Hantam Rumah Irmaneli di Gasang, Maninjau

Seperti yang diberitakan Reuters, Pigcawayan terletak 190 kilometer dari selatan kota Marawi—tempat di mana militer Filipina masih berjuang bertempur melawan militan Maute yang kini telah memasuki minggu kelima.

Sejak 23 Mei lalu, militan berafiliasi dengan ISIS ini menggempur kota berpendudukan mayoritas Muslim itu. Bahkan militan Maute sempat mengibarkan bendera hitam yang menyalahgunakan lafaz ‘la ilaha ilallah’ atau ‘tiada Tuhan selain Allah’ khas kelompok binaan ABu Bakr al-Baghdadi tersebut di hampir seluruh penjuru kota.

Baca Juga:  Keluarga Tolak Polres Lakukan Otopsi

Hingga saat ini, bentrokan tersebut telah merenggut ratusan nyawa, termasuk 257 militan, 62 tentara, dan 26 warga sipil.

Filipina terus menggencarkan gempuran terhadap Maute dengan target dapat melumpuhkan kelompok itu di Marawi sebelum perayaan Idul Fitri akhir pekan ini.

Baca Juga:  Satu Komitmen Ciptakan Sinergitas Pengelolaan Lingkungan

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top