Kaba Pemko Bukittinggi

BPOM Bergerak, Cendol Delima Positif Mengandung Rodamin B

Bukittinggi, KABA12 — Balai Besar Badan Pengawas Obat dan  Makanan (BPOM) Sumbar mengadakan pemeriksaan sejumlah makanan di Pasa Pabukoan Pasar Atas Bukittinggi, Minggu (11/06).

Pemeriksaan ini juga diikuti langsung oleh Walikota, Wakil Walikota, didampingi Sekda dan sejumlah kepala OPD terkait.

Zulkifli, Kepala BPOM Padang menjelaskan, pemeriksaan seperti ini rutin setiap tahun dilakukan. Pada minggu ke pertama dan kedua dilakukan pemeriksaan makanan siap saji khusunya pabukoan. Pada pemeriksaan di Pasa Pabukoan Pasar Atas Bukittinggi ini, BPOM  mengambil 21 sample untuk diperiksa.

Baca Juga:  Gubernur Sumbar Jamin Dr. Lola Tidak Terintimidasi

“Hasil pemeriksaan, dari 21 sample, terbukti 1 makanan jenis cendol delima, mengandung rodamin B yang biasa digunakan untuk pewarna tekstil. Hasil ini akan kita sampaikan kepada pemerintah daerah. Tindakan selanjutnya, khusus pabukoan ini, kami serahkan kepada pemda setempat,” jelasnya.

Baca Juga:  Antisipasi DBD, Dinkes Agam Minta Warga Waspada

Dari hasil pemeriksaan itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias memerintahkan Diskoperindag untuk melakukan pembinaan terhadap pedagang yang terindikasi dan terbukti menggunakan zat berbahaya pada makanan yang dijual di pasaran itu.

“Untuk awal ini, kita beri peringatan dan pembinaan. Jika kedapatan lagi, akan diberi tindakan tugas sesuai aturan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Baca Juga:  Pengaman Objek Wisata Dimaksimalkan

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Terkini

To Top