Kaba Terkini

Curah Hujan Tinggi, Banjir  Rendam Kota Padang

Padang, KABA12.com — Tingginya intensitas hujan sejak Rabu (31/05) dini hari menyebabkan sebagian wilayah kota Padang terendam banjir.

Kalaksa BPBD Kota Padang, Edi Hasmy menyebut ketinggian banjir bervariasi, namun sudah mulai berangsur surut.

“Ketinggian air bervariasi mulai 30 cm hingga mencapai 150 cm. Namun yang terparah terjadi di Jondul Rawang, kecamatan Padang Selatan, ketinggian air mencapai dada orang dewasa, dan warga sudah mengungsi,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Banjir merendam hampir seluruh kecamatan di kota Padang,  di kawasan Andalas, Jati, Sawahan Kecamatan Padang Timur; di Lubuk Lintah, Anduring, Kecamatan Kuranji di kawasan Mato Aie, Rawang Kecamatan Padang Selatan di kawasan Khatib Sulaiman, Lolong Kecamatan Padang Utara di kawasan Pengambiran Ampalu Kecamatan Lubuk Begalung di Kurao Pagang, Tabing Banda Gadang Kecamatan Nanggalo.

Baca Juga:  Curah Hujan Tinggi, Warga Diminta Waspada

Selain banjir, BPBD Kota Padang juga menerima laporan pohon dan tiang listrik tumbang serta longsor.

Seperti di Jl. Dr. Hamka, kelurahan Air Tawar, kecamatan Padang Utara. Jl, Sawahan, kelurahan Sawahan, kecamatan Padang Timur, Pondok, Pulai Tangah, Jl. Kartini belakang Kantor Gubernur, Lolong, dan Jl Raya Padang–Painan Bukit Lampu.

Baca Juga:  Curah Hujan Tinggi, Warga Diminta Waspada

Dari data sementara yang dirangkum KABA12.com, dari 11 kecamatan, sebagian di antaranya sudah terendam banjir. BPBD Kota Padang masih merangkum data lengkap karena fokus pertamanya adalah evakuasi warga.

Sementara Kepala Seksi Obsevasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padang Pariaman, Budi Iman Samiaji menyebutkan, saat ini masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di wilayah Padang, Padang Pariaman, Pariaman, Pasaman Barat, Agam, Tanah Datar, Padang Panjang, Pesisir Selatan, Kab. Solok, Kota Solok, Kep. Mentawai (Pagai),  Lima Puluh Kota,   Sijunjung.

Baca Juga:  Terlantar di Tanjung Pinang Warga Agam Diselamatkan Jajaran Dinas Sosial

“Dampak hujan mulai mereda namun perlu waspada angin kencang masih berpotensi terjadi,” sebutnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Terkini

To Top