Kaba Terkini

Pola Makanan Yang Baik Untuk Anak

Life, KABA12.com — Setiap anak sangat perlu makanan yang bergizi dan seimbang khusunya yang aktif dalam olahraga. Pola makan sehat kaya gizi diperlukan selain untuk tumbuh kembang, juga menggantikan energi yang terpakai saat aktivitas fisik berolahraga.

Tapi sebelum memulainya, anda perlu tahu bahwa kebutuhan kalori harian anak sesuai dengan usianya. Umumnya anak usia sekolah (4–13 tahun) memerlukan 1400-2200 kalori per hari.

 Nilai ini tentu bervariasi bergantung pada jenis kelamin dan aktivitas sehari-hari.

Anak yang rutin berolahraga tentu memerlukan energi yang lebih banyak.

Lantas, bagaimana aplikasi angka-angka kalori tersebut dalam bentuk makanan?

Seperti dilansir klikdokter, ada lima jenis makanan yang dapat memastikan anak memperoleh kalori yang cukup.

  1. Golongan serealia (gandum)

Anda dapat memberikan produk gandum utuh maupun olahan gandum lainnya sebagai sumber karbohidrat bagi anak. Nasi merah, oatmeal, roti gandum, sereal, dapat menjadi pilihan.

  1. Sayur-sayuran

Pilihlah sayuran hijau seperti brokoli, bayam, pakcoy, sawi hijau atau sayuran berwarna merah dan oranye seperti tomat, labu kuning, labu parang, kabocha.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan lokal seperti apel, alpukat, pisang, pepaya, mangga, melon, dapat menjadi menu untuk camilan sehat untuk anak. Pastikan setengah dari porsi makan anak terdiri dari sayur dan buah.

  1. Protein hewani dan nabati

Protein merupakan zat pembangun tubuh yang diperlukan anak untuk pertumbuhannya. Umumnya, anak memerlukan protein sebanyak 0,5–1 gram per harinya.

Protein hewani didapat dari daging sapi, kambing, ayam, beragam jenis ikan, dan telur. Sementara protein nabati diperoleh dari kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, buncis, kacang kedelai, tahu dan tempe.

  1. Produk Susu

Sebagai sumber kalsium, Anda dapat memberikan susu atau produk olahannya seperti keju, yogurt, dan puding susu.

Selain kelima bahan makanan tersebut, pastikan asupan cairan anak selalu tercukupi dengan menyediakan air putih selama anak aktivitas berolahraga.

(Tim Liputan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });