Kaba Pemko Bukittinggi

Korban Kebakaran Datangi Walikota Bahas Perbaikan Pasar

Bukittinggi, KABA12.com — Sebanyak 28 orang pedagang korban kebakaran pasar Aua Tajungkang Pasar Bawah, temui Walikota Bukittinggi di Balaikota Gulai Bancah, Kamis (18/05) sore.

Kedatangan para pedagang itu membicarakan kelanjutan perbaikan pasar pasca kebakaran yang menyapu habis barang dagangan mereka.

Dalam pertemuan tersebut, pemerintah menyatakan akan membantu pedagang untuk melakukan perbaikan yang pengerjaannya  dimulai Senin (22/05) .

“Ini pasar pemerintah,  hangus 28 petak, kondisinya atap sudah habis, pintu sudah hancur, loteng tidak adalagi, listrik juga tidak ada, pemerintah ingin pedagang  berdagang kembali, tentu kami berkonsultasi dengan BPK ada signal positif  menggunakan anggaran biaya tak terduga,” sebut Ramlan pada para pedagang.

Baca Juga:  Antisipasi Potensi Konflik Sosial, Kejari Tanahdatar Laksanakan FGD

Dijelaskan Ramlan,  pihaknya akan membantu pedagang  kembali berjualan, namun harus ada surat yang menyatakan permohonan dari para pedagang untuk memperbaiki pasar, ” kita harus tertib adminiastrasi, kita tidak ingin hal ini akan menjadi temuan bagi BPK,” ujarnya

Menanggapi hal itu, para pedagang penyetujui untuk membuat surat permohonan dengan harapan pasar segera diperbaiki dan mereka bisa kembali berdagang, “kami akan ikuti aturan pemerintah, kami mohon agar pasar segera direnovasi, agar kami bisa kembali berjualan,” ungkap salah seorang perwakilan pedagang.

Baca Juga:  5 Aplikasi Smartphone Penghasil Foto

Ramlan  meminta dinas PU yang  hadir dalam pertemuan tersebut untuk memasang atap pasar hari Senin, “saya beri waktu 10 hari pemasangan selesai, sehingga setelah itu bisa dipasang pintu dan bersama-sama bergotong-royong mencatnya, sementara untuk listrik satu toko akan diberi satu meteran listrik,” jelas Ramlan.

Baca Juga:  Komisi I DPRD Agam Finalisasi Perda Inisiatif Bamus Nagari

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias meminta agar para pedagang tidak lagi membentang kabel listrik berseliweran kemana-mana, untuk mengurangi resiko terjadinya kebakaran.

Ramlan  berharap pedagang  meningkatkan keamanan dan kenyamanan di lingkungan pasar.

“Kita berharap bulan puasa pedagang sudah bisa berjualan lagi, kita juga tidak ingin pedagang rugi. Saya minta para pedagang untuk menjaga dan mengamankan lokasi pasar kalau perlu buat organisasi pedagang,” harapnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top