Kaba Terkini

Pakar Sekuriti Nilai WannaCry Memiliki Kaitan Dengan Hacker Korut

Jakarta, KABA12.com — Setelah menggemparkan dan meresahkan dunia dalam beberapa hari terakhir, terdapat beberapa fakta mengejutkan terkait perkembangan virus ransomware WannaCry. Hal tersebut seperti yang dikemukakan oleh dua  perusahaan sekuriti ternama, Symantec dan Kaspersky yang menyebutkan ransomware WannaCry memiliki keterkaitan dengan kelompk hacker asal Korea Utara. Yaitu Lazarus Group.

Seperti yang dikutip detik.com, detail teknis di versi awal WannaCry sama dengan kode yang dipakai di program backdoor yang digunakan oleh hacker yang diduga dipekerjakan pemerintah Korut. Dengan program tersebut, mereka dapat menyerang beberapa perusahaan seperti Sony Pictures hingga mencuri uang USD 81 juta dari bank di Bangladesh.

Disisi lain, kemiripan virus wannacry dengan program yang diprakarsai hacker korut tersebut pertama kali ditemukan oleh periset sekuriti Google, Neal Mehta yang diamini Symantec dan Kaspersky. Namun, mereka tidak menampik bahwwa kode yang sama bukan berarti otomatis penyerangan dilakukan kelompok hacker yang sama. Bisa saja hacker lain yang menggunakannya agar tak mudah teridentifikasi.

“Penting agar periset lain di seluruh dunia menginvestigasi kemiripan itu dan berupaya menemukan lebih banyak fakta tentang asal WannaCry,” sebut Kaspersky.

Selain itu, Kaspersky sendiri sudah lama menyelidiki tentang sepak terjang Lazarus Group.

Kelompok hacker ini cukup canggih dalam melakukan operasinya.

“Level kecanggihan mereka tidak umum ditemukan di dunia kriminalitas siber. Sesuatu yang membutuhkan organisasi dan kontrol yang ketat,” sebut Kaspersky.

Sementara itu, beberapa pakar sekuriti menilai serangan WannaCry yang sporadis dan hanya meminta sedikit imbalan uang bisa jadi pertanda yang melakukannya adalah hacker kurang kompeten.

Namun tak menutup kemungkinan pula bahwa itu dilakukan secara sengaja oleh pelakunya untuk menutupi jejak.

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });