Kaba Terkini

Tersenyum Bikin Orang Dua Tahun Lebih Tua

Life, KABA12.com — Tersenyum merupakan hal termudah yang dapat dilakukan setiap orang. Biasanya, seseorang akan tersenyum jika dianggap lebih muda dari usia aslinya.

Biasanya, seseorang juga akan menampilkan senyum paling sempurna saat berhadapan dengan orang lain. Senyum tipis yang hanya menunjukkan sedikit gigi menjadi salah satu yang biasa mereka lakukan. Atau, biasa juga dilakukan dengan sedikit tawa.

Dilansir dari Independent UK, senyum seperti itu justru memberikan kesan lain bagi yang melihatnya. Mereka yang tersenyum akan terlihat dua tahun lebih tua dari umur aslinya.

Hal itu diketahui usai sejumlah peneliti melakukan penelitian terhadap 40 orang. Penelitian itu menemukan bahwa tersenyum membuat seseorang dua tahun lebih tua daripada saat berwajah serius.

Hal itu dipublikasikan dalam Psychonomic Bulletin and Review Journal. Menurut mereka, wajah dengan ekspresi terkejut dan datar justru menampilkan usia yang lebih muda dari aslinya. Hal itu setelah dilakukan praktek tersenyum dan terkejut terhadap orang yang sama.

Direktur Institut Otak dan Pikiran Universitas Western di Kanada, Melvyn Goodale, menilai kebanyakan masyarakat menilai jika tersenyum dapat membuat mereka tampak lebih muda. Dia mengklaim, hal tersebut adalah kekeliruan.

“Mereka benar-benar buta terhadap kenyataan bahwa mereka telah ‘menua’ dengan wajah yang tampak bahagia. Persepsi dan keyakinan mereka bertentangan,” ujarnya, dilansir dari CNN Indonesia.

Goodale menilai, tersenyum membuat keriput terlihat di sekitar mata. Tidak hanya itu, bagian dahi pun disebut sebagai bagian yang dapat memperlihatkan keriput paling banyak.

Hal itu karena seseorang perlu menggerakkan sekitar 17 otot saat tersenyum. Bahkan, hal tersebut akan lebih berpengaruh jika kulit wajah kerap terlipat yang mengakibatkan lipatan di bagian kulit bawah dan memperlihatkan kerutan.

Eskpresi dingin atau datar dinilai sebagai salah satu upaya untuk memberikan kesan awet muda bagi perempuan.

(Virgo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });