Kaba Terkini

Atasi Rematik Dengan Jus Buah Dan Sayur

Life, KABA12.com — Konsumsi jus buah dan sayuran merupakan salah satu cara mendapatkan antioksidan yang diperlukan untuk meredakan rematik. Popularitas terapi ini bahkan terus meningkat karena dianggap alami dan aman.

Makanan, telah sejak lama diketahui memiliki peran dalam proses peradangan yang terjadi di dalam tubuh, termasuk rematik. Makanan siap saji, gorengan, dan makanan dengan akdar gula yang tinggi dapat memicu peradangan lewat pembentukan radikal bebas.

Untuk melawan serangan radikal bebas itulah diperlukan antioksidan. Maka, di sinilah peran sayur dan buah-buahan yang kaya akan kandungan antioksidan sangat diperlukan, seperti dilansir klikdokter.com.

Jus yang terbaik untuk penderita rematik, berasal dari sayuran. Sayuran kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan betakaroten serta mineral seperti tembaga dan kalsium yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Anda bisa memanfaatkan wortel, paprika, dan tomat.

Sayuran yang tergolong dalam keluarga crucifera seperti brokoli, bunga kol, dan kembang kol juga baik untuk kesehatan sendi karena mengandung sulforaphane. Senyawa ini dapat menghambat proses peradangan dan kerusakan tulang rawan pada osteoarthritis (OA).

Buah berry, jeruk, lemon, semangka, anggur, dan melon tergolong kaya akan antioksidan seperti vitamin C, betakaroten, dan anthocyanin. Semangka diketahui dapat mengurangi kaku dan pegal-pegal akibat nyeri sendi.

Untuk mengatasi rematik, dianjurkan mengonsumsi 1 –2 gelas jus dalam sehari. Jus juga dapat dicampur dengan bumbu masakan yang memiliki komponen antiradang seperti jahe, kunyit, dan kayu manis. Jus harus segera diminum setelah dibuat karena vitamin dan mineral di dalamnya mudah terurai.

Jjika ingin mendapatkan manfaatnya secara optimal, sebaiknya Anda tidak menambahkan gula pasir atau pemanis lainnya. Konsumsi pemanis yang terlalu banyak dapat meningkatkan berat badan dan meningkatkan kadar gula darah yang dapat membuat keluhan rematik kambuh, selain juga meningkatkan risiko diabetes.

Jadi, jelas bahwa terapi jus bermanfaat untuk mengatasi rematik. Hal yang terpenting jus dibuat sendiri tanpa tambahan apapun seperti pemanis untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

(Virgo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });