Kaba Terkini

Pasar Aur Tajungkang Membara, 28 Petak Toko Hangus

Bukittinggi, KABA12.com — Pasar Aur Tajungkang, Pasar Bawah Bukittinggi kembali terbakar. Musibah kebakaran hebat kembali terjadi  Jumat (12/05) sekitar pukul 03.15 WIB.

Dalam kebakaran dahsyat itu melanda  seluruh bangunan di lantai dua pertokoan tersebut, sebanyak 28 petak toko ludes terbakar dan hanya menyisakan  puing bangunan.

Menyaksikan kobaran api yang membara tersebut sontak panik warga dan langsung gempar kota Bukittinggi bahkan dalam waktu sekejab kawasan dipadati ratusan ke lokasi kejadian.

Mendapat laporan kejadian itu Damkar Kota Bukittinggi langsung menerjunkan petugas pemadam kebakaran dengan seluruh armada yang ada dibantu tim Damkar Agam, Payakumbuh dan Tanah Datar.

Api yang membara baru bisa dipadamkan sekitar 2 jam setelah satuan pemadam dibantu warga dan pemilik toko di Pasar Aua Tajungkang bahu-membahu memadamkan si jago merah di semua toko berukuran 3×3 meter yang berisi penuh barang  dagangan berbagai jenis.

Data yang berhasil dirangkum kaba12.com di lokasi kejadian,  masyarakat megetahui toko-toko tersebut terbakar setelah api sudah membesar dan menjalar ke bagian toko lainnya.

Masyarakat juga tidak berani mendekat, sebab selain berada di lantai dua, api sudah sangat besar.

Pemadaman api, sempat terkendala dengan kondisi semua toko sudah tutup dan sebagian besar pakai rolling door sehingga sangat susah dibuka untuk menembus pusat api, padahal dari dalam toko api sudah membesar.

Namun, kerja keras tim pemadam yang bahu membahu menjjnakkan api, sekitar 2 jam, akhirnya amukan si jago merah bisa dijinakkan sehingga kebakaran lebih besar di pasar bawah yang padat  pertokoan tidak sampai terjadi. Setidaknya, sesuai data yang ada, sebanyak 28 toko ludes terbakar dengan total kerugian mencapai Rp 4,2 miliar.

Petugas kepolisian langsung mengamankan lokasi  kejadian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebab dicurigai beberapa orang yang akan melakukan penjarahan pada toko yang terbakar untuk mengambil barang yang masih tersisa.

Untuk memudahkan penyelidikan, pihak kepolisian langsung memasang garis polisi di di sekitar lokasi kebakaran.

Unit Identifikasi Polres Bukittinggi langsung melakukan olah TKP di lokasi kejadian.

Kapolsek Bukittinggi, Kompol Zahari Almi menjelaskan,  penyebab kebakaran belum bisa dipastikan dan pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan penyebab datangnya api.

(Ikhwan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });