Kaba Terkini

Menteri ESDM Resmikan Sumur Bor Tanah di Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Dalam lawatannya ke Sumatera Barat, Menteri ESDM Ignasius Jonan resmikan pemakaian sumur bor tanah di Kubu Gulai Bancah Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi, Jumat  (12/05).

Peresmian sumur bor tanah itu ditandai dengan pemutaran kran air sumur oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan disaksikan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ir. Mulyadi, Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi.

Bantuan sumur bor tanah dari kementrian ESDM melalui Badan Geologi itu merupakan satu dari 14 bantuan sumur bor yang diberikan pada Pemprov Sumbar.

 Walikota M. Ramlan Nurmatias mengungkap terimakasih kepada kementrian ESDM yang telah membantu sumber air untuk warga kota Bukittinggi.

“Warga kota Bukittinggi masih kekurangan air, kebutuhan air warga 400 liter per detik, sementara jumlah warga di Bukittinggi siang dengan malamnya berbeda, itu yang kita cukupi, dan selama ini sumber pasokan air itu dari Agam dengan pengaliran air pipa PDAM,” ungkap Ramlan pada Menteri ESDM.

Dengan bantuan sumur bor ini Ramlan berharap dapat membantu pasokan air bersih untuk warga Bukittinggi, “kita terus berupaya sekeras mungkin dengan melakukan perbaikan dan penggantian pipa PDAM, serta mengupayakan adanya embung, ini kendala kami di Bukittinggi, kami minta bantuan dipriporitaskan sekali lagi,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Menteri ESDM Ignasius Jonan menyebutkan, pihaknya masih akan memberikan bantuan sumur bor pada tahun ini sebanyak 200 unit, sembilan bantuan untuk Sumbar, dua diantaranya diberikan untuk Bukittinggi.

“Satu sumur bor ini hasilnya 27 liter per detik, andaikan Bukittinggi punya lima sumur bor saja setidaknya menghasil 35% dari kebutuhan air kota,” ujar mantan Menteri Perhubungan itu.

Bantuan sumur bor tanah tahun 2016 dari Kementeian ESDM itu mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ir. Mulyadi. Sebagai anggota DPR Dapil II Sumbar, dia akan mengupayakan bantuan untuk daerahnya.

“Dari DPR RI khususnya Komisi VII akan selalu  mendorong  program yang akan memberikan dampak terhadap masyrakat, karena bantuan APBN dari masyarakat untuk masyarakat juga,” ulasnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });