Kaba Terkini

FEDOR, Terminator Dunia Nyata

Tekno, KABA12.com Era terminator sepertinya sudah semakin dekat saja. Hal ini terkait dengan pengembangan yang tengah dilakukan oelh Rusia terhadap sebuah robot humanoid yang memiliki kemampuan mendekati terminator.

Bagaimana tidak, robot bernama FEDOR (Final Experimental Demonstration Object Research) tersebut merupakan robot yang bisa dibilang serba bisa. Robot ini memiliki kemampuan menembak dengan kedua tangan, berkendara, menggunakan berbagai jenis perkakas dan pekerjaan rumah lainnya.

Robot ini memang di desain seperti itu oleh pemerintah Rusia. Terutama, karena mereka ingin menempatkan robot ini sebagai robot di luar angkasa. Rencananya, robot ini akan diterbangkan ke angkasa pada tahun 2021 mendatang. Saat ini, pengembangannya masih terus dilakukan oleh Android Technics dan Advanced Research Fund.

Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin mengatakan robot ini memang didesain dengan memiliki kecerdasan buatan. Namun, dirinya berfikir kalau robot yang memiliki tinggi mencapai 6 kaki atau setara 1,8 meter tersebut merupakan sosok terminator di dunia nyata.

“Kami tidak tengah mengembangkan terminator, tapi robot pintar yang bisa berguna untuk berbagai keperluan,” ujarnya seperti dikutip dari BeritaTeknologi.

Ketakutan publik terhadap robot FEDOR ini memang cukup masuk akal. Karena robot ini bisa menembak dengan kedua lengannya dan juga bisa mengendarai mobil bahkan bisa pula dimanfaatkan untuk aktivitas medis.

Namun, ada satu hal yang memang sangat mengkhawatirkan dari robot ini. Pihak Rusia menginginkan agar robot ini bakal memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan. Hal itu bisa mereka lakukan dengan kecerdasan buatan yang dimilikinya.

(Tim Liputan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });