Hukum dan Kriminal

Pengedar dan Pemilik Sabu Diringkus

Dharmasraya, KABA12.com — Satu persatu pengedar dan pemilik narkoba berhasil diringkus Satnarkoba Polres Dharmasraya, seperti pada Rabu (26/06) lalu, sekitar pukul 14.30 WIB berhasil diringkus seorang pengedar narkoba jenis sabu-sabu.  Tersangka berhasil diringkus ketika akan transaksi di Jorong Sungai Nili, Nagari Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya.

Kapolres Dharmasraya melalui Kasat Narkoba, Iptu. Kalbert, pihaknya mendapat informasi akan ada transaksi narkoba di Jorong Sungai Nili. Maka, Satnarkoba di bawah pimpinan Iptu. Kalbert melakukan pengintaian terhadap tersangka yang ciri-cirinya sudah dikantongi.

Ketika tersangka menunggu pembeli narkoba, tanpa membuang waktu, Satnarkoba langsung meringkus yang bersangkutan. Mengetahui kedatangan polisi, tersangka yang mengaku bernama RT (24) waga Jorong Sungai Nili, Pulau Punjung, Dharmasraya mencoba mengecoh petugas dengan membuang barang bukti satu paket kecil narkoba jenis sabu-sabu.

Namun, tindakan tersangka cepat diketahui oleh polisi yang menemukan barang bukti terbungkus plastik bening sengaja diinjak oleh pelaku pakai kaki kanan. Adanya barang bukti tersebut tidak bisa mengelak dan selanjutnya tersangka dan barang bukti (BB) dibawa ke Satnarkoba Polres Dharmasraya guna penyidikan lebih lanjut.

Hasil interogasi polisi pada tersangka mengakui kalau BB tersebut milik kakaknya, TAM (29). Adanya nama tersebut dan penyelidikan, diketahui TAM berada di Muaro Bungo Jambi.  Tanpa membuang waktu, polisi langsung melakukan pengejaran dan hanya dengan hitungan jam, Rabu sekitar pukul 21.00 WIB yang bersangkutan berhasil ditangkap polisi. TAM langsung dibawah bersama RT ke rumahnya di Sungai Nili untuk dilakukan penggeledahan yang dilaksanakan sekitar pukul 23.00 WIB.

Ternyata di kamar tidur tersangka RT ditemukan barang bukti berada dalam saku celana jeans pendek warna abu-abu yang digantung di dinding kamar tidur Rudi.

Adanya BB tersebut, TAM mengakui itu adalah miliknya yang akan dijualkan oleh RT. Sebelum kedua kakak beradik ini dibawa ke Polres Dharmasraya, langsung dilakukan tes urine di RSUD Pulau Punjung yang hasilnya adalah positif.

Dijelaskan Iptu Kalbert. untuk tersangka RT dijerat pasal 116 Jo 112  dan untuk tersangka TAM pasal 116 jo 112 jo 114 Undang-undang narkotika nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman 5 sampai 20 tahun penjara.

“Sesuai dengan pesan Kapolres Dharmasraya, dihimbau pada masyarakat, kalau mengetahui pemakai atau pengedar narkotika agar segera memberitahu pada Polisi, sebab sudah banyak jatuh korban karena kecanduan memakai narkoba,” terang Kalbert menirukan pesan Kapolres.

(Ikhwan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });