Kaba DPRD Agam

Komisi IV Dorong Disparpora Tingkatkan Life Skill Pemuda Agam

Lubuk Basung, KABA12.com — Komisi IV DPRD kabupaten Agam menyayangkan minimnya aktivitas kepemudaan ditengah-tengah masyarakat, sehingga banyak potensi yang bisa digarap jadi terbuang sia-sia.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi IV bidang pendidikan dan kesejahteraan DPRD Agam Irfan Amran dalam rapat kerja dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga di aula II DPRD Lubuk Basung, Selasa (25/04).

“Banyak peluang yang bisa digarap oleh pemuda di nagari, baik dalam hal kerajinan, kebudayaan yang berkaitan dengan keagamaan dan adat istiadat lainnya. Untuk itu kita mendorong Disparpora sebagai OPD yang bertanggungjawab untuk bisa meningkatkan life skill mudai-mudi itu, sehingga lebih bermanfaat,” ujarnya.

Tidak hanya itu, politisi Partai Amanat Nasional ini pun juga menyampaikan keluhan masyarakat terkait maraknya kasus narkoba dikalangan remaja di Agam.

“Tugas kita menyelamatkan, melalui dinas kami berharap, anggaran 2018 kita berharap bentuk prioritas penyuluhan antisipasi bahaya narkoba dikalangan pemuda,” harap Irfan Amran.

Menanggapi hal itu, Kepala Disparpora Agam Hadi Suryadi mengatakan, pihaknya telah mencoba merancang program untuk kepemudaan yang berbasis  surau.

“Sesuai visi dan misi bupati, kita sudah coba rancang program kembali ke surau sebagai pusat aktivitas pemuda, disamping pelatihan-pelatihan yang telah diberikan kepada generasi muda,” sebut Hadi Suryadi.

Hadi menambahkan, kendala yang terjadi selama ini kurangnya pemberdayaan dari nagari, “soal skill masyarakat minang ini sudah punya jiwa kewirausahaan di dalam dirinya, namun jika tidak dibina lebih lanjut upaya untuk meningkatkan skill itu tidak akan berkembang dengan mandiri,”  ulasnya.

Sementara terkait kasus narkoba, pihaknya juga masih berupaya melakukan sosialisasi agar generasi muda Agam terbebas dari zat adiktif tersebut.

“Ada 280 pecandu narkoba di Agam, akibat tidak dapat membeli narkoba mereka mencuri untuk memenuhi itu. Ini yang selalu kita sosialisasikan, dan kita minimalisirkan melalui pelatihan yang diberikan,” ujar Hadi Suryadi.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });