Kaba Terkini

Kerjasama Pemko – FHUK UMSB, Simbiosis Mutualisme

Bukittinggi, KABA12.com — Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (UMSB) dan alumni, kembali bertemu dengan wakil walikota Bukittinggi.

Pertemuan berlangsung di ruang rapat utama kantor walikota, difasilitasi anggota DPRD Bukittinggi M. Nur Idris yang juga selaku alumni Fakultas Hukum, Selasa (04/04).

Dalam kesempatan itu, M. Nur Idris menjelaskan, pertemuan ini untuk mendalami penjajakan kerjasama yang telah dibicarakan sebelumnya. Termasuk kesediaan walikota, untuk menfasilitasi kegiatan seminar yang diadakan Fakultas Hukum dengan berskala besar.

“Fakultas Hukum berniat bekerjasama dengan pemko melakukan pelatihan dan pendidikan hukum bagi aparatur pemko, penelitian hukum serta kerjasama lainnya. Sementara dengan DPRD, Fakultas Hukum akan melakukan kerjasama dalam pengkajian dan pembuatan naskah akademik rancangan peraturan daerah,” jelasnya.

Disisi lain, Dekan Fakultas Hukum UMSB, Sukmareni mengatakan, sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi, cukup banyak sumber daya di Fakutas Hukum yang bisa berguna bagi pemko. Apalagi salah satu dosen telah selesai pendidikan dan mendapat sertifikat legal drafting yag bisa diberdayakan untuk pembuatan rancangan peraturan daerah.

“Dengan kerjasama itu kami berharap pembangunan dan kemajuan kampus Fakultas Hukum dapat ditingkatkan. Kedatangan hari ini juga membawa draft MoU agar bisa dipelajari wawako,” ungkap Sukmareni.

Sementara Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi mengungkapkan, pemko siap membantu kemajuan fakultas hukum UMSB. Kapasitas dan kualitas sumber daya di fakultas hukum pun tidak tertinggal dari ahli hukum lain.

“Dari format yang kita bicarakan memang ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. fakultas hukum bisa menjadi laboratorium legal drafter bagi pemko, termasuk dengan DPRD. Sehingga dalam pembuatan perda kajian akademisnya bisa dilakukan fakultas hukum,” ujar Irwandi.

Untuk kerjasama, tambah wawako, tentu akan dilihat dari segi apa saja karena harus sesuai dengan regulasi yang ada, sebagai payung hukum kerjasama. Harus didudukkan proporsinya juga termasuk diangkatnya seminar berskala nasional yang akan difasilitasi pemko.

“Pemko sepakat untuk membuat kerjasama. Namun hal ini harus diketahui dan dibicarakan juga dengan rektorat agar tidak timbul prasanka fakultas hukum hanya jalan sendiri. Sehingga hubungan kerjasama yang kita lakukan lebih kuat,” ujarnya

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });