Kaba Terkini

Tiga Cara Redam Emosi Negatif

Life, KABA12.com — Emosi negatif yang kita rasakan apalagi yang kita pendam bisa memberi pengaruh pada kondisi fisik kita. Kesehatan fisik kita sangat dipengaruhi oleh apa yang kita rasakan.

Karena tubuh akan bereaksi dengan melepaskan hormon dan zat-zat kimia tertentu tergantung dengan emosi yang kita rasakan.

Ada info penting yang wajib banget kamu ketahui soal emosi negatif. Seperti yang dikutip dari lifehealt.org, emosi negatif yang kita rasa bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, membuat kita jadi gampang kena batuk, flu, dan penyakit lainnya. Kalau emosi negatif tak dilepaskan dengan cara yang benar, kamu bisa rentan kena penyakit atau jatuh sakit.

Ada tiga cara sehat yang bisa jadi penyelamatmu untuk melepas emosi negatif. Selengkapnya, yuk kita bahas satu per satu.

1. Melakukan Olahraga atau Kegiatan Fisik
Saat emosi negatif atau perasaan stres dan depresi hadir, sesungguhnya kita butuh pelampiasan. Kita butuh cara untuk melepas itu semua agar pikiran lebih jernih. Bisa dengan melakukan olahraga lari, berenang, atau aerobik. Atau bisa lakukan kegiatan yang menuntut gerak fisik aktif, seperti memukul punching bag. Bahkan berteriak sekeras-kerasnya dengan suara lantang juga bisa jadi cara untuk melepas emosi negatif.

2. Salurkan Emosi dalam Bentuk Karya
Saatnya untuk membuat sesuatu atau karya dari emosi dan perasaan yang kamu rasa. Biasanya kita akan tergugah untuk membuat sesuatu saat ada perasaan yang menekan kita. Jadikan saja emosimu itu sebagai motivasimu untuk menghasilkan sesuatu. Daripada mengurung diri dalam kamar dan nggak berbuat apa-apa, mending kerjakan sesuatu yang bisa mengisi waktumu. Biasanya saat pikiran kita sudah teralihkan ke hal yang positif, emosi negatif yang dirasa bisa lenyap dengan sendirinya.

3. Meditasi dengan Menghirup Udara Segar
Duduk di posisi paling nyaman di tempat dengan udara segar, tutup matamu. Lalu tarik dan hembuskan napas 10 hingga 15 kali hingga rileks. Alih-alih melawan emosi negatif itu, biarkan emosinya mengalir dalam tubuhmu. Setelah kamu bisa berdamai dengannya, kamu akan lebih mudah untuk move on dan melepas hal-hal negatif dalam tubuhmu.

Kamu bisa memilih cara yang paling pas dan nyaman buatmu, Ladies. Intinya jangan memendam emosi negatifmu terlalu lama. Kalau tak segera diatasi atau ditangani, dampaknya bisa memperburuk kondisi kesehatanmu.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });