Kaba Terkini

Bonus Atlet Berprestasi [Agam Melebihi Taget]

Oleh: Rahman

Menarik untuk di simak, bahwa Bupati Agam Ir.H.Indra Catri, MSP, Dt.Malako Nan Putiahbeberapa waktu lalu memberikan bonus untuk atlet Agam yang berlaga dan mengharumkan dearapada Porprov XIV di Kota Padang sebagai tuan rumah.Bonus diberikan untuk seluruh atletyang meraih medaliyang diserahkan secara simbolis di GOR Rang Agam (Rabu/15/3), bersamaan dengan pembubaran Kontingen Porprov Agam.

Besaran bonus yang disesdiakan mencapai Rp. 4.237.500.000 atau 4,2 Milyar lebih, dimana Agam meraih 54 emas, 50 perak dan 58 perunggu. Dana itu didistribusikan kepada semua atlet, dengan kisaran rupiahnya bervariasi, tergantung medali yang diperoleh.

Ada hal menarik yang menjadi perhatian penulis, menyimak pemberitaan yang dilansir salah satumedia cetak, yang menyatakanbahwa uang yang dianggarkan Pemda Agam untuk bonus tidak mencukupi sehingga bonus ditambah, karena jumlah medali yang diperoleh atlet Agam melebihi target.Bagi penulis, inisebuah gambaran dan pertanda baik, terutama bagi kemajuan pembinaan olah raga di KabupatenAgam ke depan.

Mungkin sebagian kalangan memandang, bahwa bonus yang diberikan mungkin belum cukup sepadan dengan kerja keras atlet, pelatih dan official dalam mempersiapkan para atlet, dibandingkan daerah lain. Hal yang biasa, jika ada pihak yang memandang dari sisi dan kaca mata yang berbeda, toh terkadang mereka hanya bisa berkontribusi ‘verbal’ dan punya’tradisi mengkritisi’. Juga tidak salah, jika kita sikapi dari sisi positif, bahwa ke depan mungkin perlu ditingkatkan, tidak sajo berupa bonusketika medali bisa diraih atlet tetapi sisi persiapan atlet, pembinaan atlet sejak dini, menggelar berbagai iven berskala daerah, bahkan nasional dalam rangka menguji dan mengasah dan mengevalusai proses pembinaan yang dilakukan pada berbagai induk cabang olah raga di Kabupaten Agam.

Prestasi atlet Agam pada porprov XIV kaliini konon jauh lebih baik dari prestasi sebelumnya.

Nah, pada tempatnya kita masyarakat Kabupaten Agam cukup berbangga, dan salut pada Pemda Agam, terutama pada Bupati Agam Indra Catri beserta semua atlet, pelatih, dan official, serta indukcabang olah raga yang berlaga di porprov ini, bahwa ditengah keterbatasan baik dari segi anggaran maupun masa persiapan atlet, serta sarana dan prasarana tempat pembinaan atlet, bahwa prestasi masih bisa diraih. Jika dibandingkan dengan beberapa daerah lain, yang anggaran dan sarana prasarananya yang lebih baik dari kita di Agam, yang justru prestasinya tidak mononjol secara signifikan.

Kedepan, semua stakeholder dan para pihak yang terkait dengan pembinaan olah raga di daerah ini, tentu diharapkan berupaya lebih dari berbagai hal. Tidak ada prestasi yang instan, melainkan hanya diperoleh dari pembinaan yang profesional,kontinu,dan jangka panjang. Kompetisi berjenjang, mulai tingkat nagari, kecamatan dan tingkat kabupaten bahkan provinsi, adalah hal yang patut jadi perhatian. Kompetisi yang ketat dan dikelola secara profesional, akan melahirkan atlet-atlet yang tangguh dan berpengalaman.

Semoga ‘Agam BISA’ dapat menata dunia olah raga di daerah ini semakin baik lagi dan semakin maju prestasinya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top