Kaba Terkini

Diprediksi 3 Hari Kedepan Sumbar Berpotensi Angin Kencang

Bukittinggi, KABA12.com — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping, Padang Pariaman mengungkapkan, selama tiga hari kedepan wilayah Sumatera Barat akan dihadapi dengan angin kencang. “Dari analisa cuaca, untuk 3 hari kedepan kondisi angin ini masih berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Barat khususnya bagian Timur dan Tengah,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) Observasi dan Informasi BMKG Ketaping, Budi Iman, Selasa (14/02).

Hal itu disebabkan karena adanya daerah sebaran angin atau divergensi di wilayah Timur Sumatera Barat, yang akan mengakibatkan kondisi angin kencang dan kondisi cuaca cenderung cerah – berawan.

Menurutnya, kondisi angin kencang ini berpotensi terjadi di wilayah Timur dan Tengah Sumatera Barat seperti Pasaman, Padang Pariaman bagian Timur, 50 Kota, Tanah Datar, Payakumbuh, Solok, Kabupaten Solok bagian Timur, Sawahlunto , Sijunjung, Agam Timur, dan Padang Panjang.

Kecepatan angin maksimum di wilayah Timur dan Tengah Sumatera Barat berkisar 40-60 km/jam dengan arah pergerakan dari Timur Laut menuju Barat Daya. Sementara untuk wilayah pesisir pantai seperti Padang, Padang Pariaman bagian pesisir, Pasaman Barat bagian pesisir, dan Kota Pariaman, kondisi angin berpotensi agak kencang namun tidak sekencang di wilayah Tengah dan Timur Sumatera Barat, kecepatan angin maksimum di wilayah pesisir berkisar 30-40 km/jam dan bersifat tidak merata.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top