Kaba Terkini

Irdinansyah: Pacu Jawi Alek Anak Nagari yang Perlu Dilestarikan

Tanah Datar, KABA12.com — Pacu jawi yang biasa digelar oleh masyarakat Luhak nan tuo Tanah Datar, sudah menjadi tradisi turun temurun sejak zaman dahulunya. Pacu jawi yang biasanya digelar oleh para petani menyambut musim bercocok tanam, kini telah menjadi salah satu agenda pariwisata di kabupaten Tanah Datar.

Menurut Bupati Kabupaten Tanah Datar, Irdinansyah Tarmidzi, pacu jawi merupakan salah satu tradisi masyarakat yang merupakan potensi pariwisata daerah yang perlu dipertahankan.

“Ini merupakan kegiatan yang paling disenangi oleh semua pihak, tidak hanya warga lokal, namun sudah dikenal wisatawan asing manca negara, dan ini merupakan potensi bagi kita yang harus kita lestarikan,” ujar Irdinansyah saat diwawancarai KABA12.com di arena pacu jawi, Padang Luar Nagari III Koto, kecamatan Rambatan, Sabtu (28/01).

Orang nomor satu di Tanah Datar itu mengungkapkan, kalau pacu jawi sudah menjadi salah satu agenda di dalam kalender event tahunan pemerintah setempat.

TakIMG-20170128-WA0034 hanya warga setempat, kegiatan tradisi anak Nagari itu juga menarik minat wisatawan luar negeri, seperti halnya Adam yang jauh-jauh datang dari Amerika. Menurut turis luar negeri ini pacu jawi merupakan kegiatan yang sangat unik, “pacu jawi is unique, I love it. I was looking many people, and this here people are friendly. Nasi Padang is good food, saya suka pedas ( paju jawi itu unik, saya suka itu, saya melihat banyak orang dan mereka semua ramah dan nasi padang makanan yang enak,” ungkap Adam saat diwawancarai.

Pacu jawi ini setiap tahunnya diselenggarakan secara bergiliran selama empat minggu di empat kecamatan di Kabupaten Tanah Datar, Kecamatan Pariangan, Kecamatan Rambatan, Kecamatan Lima Kaum dan Kecamatan Sungai Tarab.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top