News Lokal

Marta Risman Sandang Dt.Panglimo Basa Suku Caniago Garagahan

Lubuk Basung. KABA12.com — Marta Risman sandang gelar Dt. Panglimo Basa pangulu kaum suku caniago nagari Garagahan. Prosesi batagak gadang suku caniago di kediaman orang tuanya di Sampan, Lubuk Basung Sabtu (14/01) berlangsung sakral sejak pagi hingga sore dan dihadiri ratusan anak kemenakan.

Prosesi batagak gadang dengan istilah ” batungkek budi” menggantikan alm.Martha Jondri kakak kandung Martha Risman yang meninggal 1 Januari 2017 lalu.

malewa 3Prosesi batagak gadang yang dipimpin M.Dt.Siaga ketua KAN Garagahan dihadiri 22 ninik mamak nagari Garagahan, ditandai dengan pemasangan saluak kebesaran dan pengambilan sumpah sati pangulu, yang ditutup tausiah E.Dt. Rangkayo Tan Pahlawan.

Tausiah dan doa penutup E. Dt. Rangkayo Tan Pahlawan yang menyentuh, mengundang haru banyak pihak termasuk keluarga M.Dt.Panglimo Basa, karena tugas dan tanggung jawab seorang pangulu sangat berat.

Prosesi batagak gala yang sakral dimulai dari prosesi penyambutan para pangulu KAN Garagahan sampai prosesi penutup yang ditandai peletusan ” badia”.

Bahkan prosesi maarak salingka nagari M.Dt. Panglimo Basa berlangsung meriah diikuti ratusan kendaraan mengitari sekeliling nagari mulai dari Sampan sampai ke kantor KAN Garagahan menyampaikan kepada masyarakat prosesi sakral adat batagak gadang suku kaum caniago nagari Garagahan.

Prosesi batagak gadang ini mendapat perhatian dari banyak pihak dibuktikan dengan berjubelnya warga dilokasi pengukuhan dan pelewaan gala Dt.Panglimo Basa.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top