Khazanah

Dunia Ladang Amal Menuju Akhirat

Khazanah, KABA12.com — Didalam kehidupan ada tatkalanya sebuah pertemuan yang terjadi antara umat manusia dan ada juga sebuah perpisahan yang terjadi antara umat manusia. Pertemuan diantara umat manusia merupakan suatu ajang mempererat silaturrahmi antar sesama. Pertemuan terjadi bukan atas kehendak sendiri maupun direncakan oleh diri sendiri. Tapi, pertemuan terjadi karena atas izin Allah SWT, demi terjalinnya suatu hubungan kekeluargaan antar sesama.

Dalam kurun waktu panjang, seluruh pertemuan tersebut pasti ada kalanya perpisahan diantara mereka. Sebagai contoh perpisahan antara 2 insan atau pun golongan karena adanya suatu kejadian. Didalam hal ini, kita menitik beratkan kepada apa yang telah di takdirkan Allah SWT, yakninya Kehidupan dan Kematian.

Kehidupan didalam hal ini merupakan perjalanan panjang yang dilakukan umat manusia sejak dilahirkan ke muka bumi hingga wqaktu yang ditentukan untuk menemui Allah SWT. Sedangkan Kematian merupakan keluarnya roh dari jasad seseorang untuk menemui dan mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang telah dilakukan selama hidup didunia. Seperti yang difirmankan oleh Allah SWT dalam surat Al-Mulk ayat 1 sampai 2 yang sebagaimana artinya :

“Mahasuci Allah Yang di dalam genggaman kekuasaan-Nya seluruh kerajaan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Yang menciptakan mati dan hidup untuk menguji kamu siapakah di antara kamu yang paling baik amalnya, dan sesungguhnya Dia Mahamulia lagi Maha Pengampun” (QS Al-Mulk [67]: 1-2)

Didalam ayat diatas sangat jelas tergambar bahwa kehidupan dan kematian manusia hanya untuk menguji seberapa besar amal dan keimanan yang diperbuat oleh manusia. dan semua itu akan dipertanggungjawabkan pada hari pembalasan kelak.

Oleh karena itu, marilah kita sadari bahwa kehidupan didunia ini hanyalah untuk mencari bekal amal di akhirat kelak sesuai dengan pedoman manusia Al-quran dan hadist. Semoga dengan mendalami dan mengamalkan kedua pedoman hidup tersebut, kita diberikan kemudahan saat dalam menjalani hidup serta khusnul kahtimah saat di panggil oleh Allah SWT. Amin ya rabbal alamin.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top