Agam

Sekda Agam: Jalur SIMAKA Masih Riskan

Agam, KABA 12.com — Meski telah bisa dilalui, namun jalur Sicincin, Malalak, Balingka (SIMAKA) masih riskan untuk dilalui. Hal itu disampaikan sekretaris daerah pemerintah kabupaten Agam dalam rapat koordinasi lintas sektoral pengamanan Natal dan tahun baru di Mapolres Kota Bukittinggi, Rabu (21/12).

sekda-agam-martias wanto“Kondisi jalur SIMAKA saat ini, kalau sekedar dilewati, sudah tidak ada masalah. Hanya saja kalau kondisi hujan kita harus stop, karena dia sangat riskan sekali. Kita tidak ingin ada masyarakat ataupun tamu yang hendak menghabiskan libur akhir tahunnya terjebak disana. Karena pasukan BPBD kita kemaren pernah terjebak disana.” ungkap Martias Wanto.

Menurutnya, kondisi di jalan alternatif yang menghubungkan Padang dan Bukittinggi itu masih labil usai longsor terjadi awal Desember lalu sehingga pemerintah setempat menetapkan status siaga bencana bagi kabupaten tersebut hingga 31 Desember 2016.

“Kondisi saat ini sebetulnya tidak masalah untuk dilewati kendaraan walau masih ada proses pembersihan. Kami selalu menghimbau pengendara untuk tetap berhati-hati meskipun lewat di jalur itu tidak dalam kondisi hujan,” ujarnya lagi.

bambang-warsitoDalam meningkatkan pengamanan menjelang dan akhir perayaan tahun baru, Pemerintah Kabupaten Agam telah menyiapkan personil di pos-pos pengamanan terutama di daerah rawan bencana, seperti kecamatan Malalak, Palupuh dan Ampek Koto.

“Mulai 24 Desember 2016 petugas akan dibagi lokasinya. Di samping itu sebanyak sembilan unit alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat dan provinsi akan disiagakan,” tambah Kalaksa BPBD Agam Bambang Warsito.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top